Polres Simalungun Gelar Deklarasi Pilkada Damai dan Doa Bersama

Bupati Simalungun, JR Saragih dan silsilah kekeluargaannya dengan Calon Bupati Simalungun nomor urut 4, Anton Achmad Saragih.

Simalungun, Lintangnews.com | Kapolres Simalungun, AKBP Agus Waluyo pimpin deklarasi Pemihan Kepala Daerah (Pilkada) damai dan doa bersama.

Ini dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun tahun 2020 yang aman, damai, sejuk dan sehat, Kamis (3/12/2020) di Lapangan Bola Kaki Rambung Merah.

Deklarasi itu turut dihadiri, Bupati Simalungun, JR. Saragih tak lain adalah adik dari Calon Bupati Simalungun, Anton Achmad Saragih, Dandim 0207/Simalungun, Letkol Inf Roly Souhoka, Ketua DPRD, Timbul Jaya Sibarani, Kasi Intel Kejari Simalungun, Ratno Pasaribu dan mewakili Ketua Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Jhonatan.

Kemudian, Calon Bupati Simalungun nomor urut 1, Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS), Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Simalungun nomor urut 3, Irjen (P) Wagner Damanik dan Abidinsyah, Ketua DPC PDI-Perjuangan Simalungun, Samrin Girsang, Ketua DPC PAN Simalungun, Burhanudin Sinaga dan Ketua DPC Partai Perindo Simalungun, Baren Saragih.

Selanjutnya Ketua DPC Partai Nasdem Simalungun, Ida Masta Saragih, Sekretaris DPC Demokrat, Surya Budi. Ketua DPC PKS Simalungun, Ustadz Jumali, Ketua DPC PPP Simalungun, A Chaniago, Ketua KPUD, Raja Ahab Damanik, Komisoner KPUD, Salman Abror dan Ketua Bawaslu Simalungun, M Choir Nasution.

Ketua Pemenangan Radiapoh Hasiholan Sinaga-Zonny Waldi (RHS-ZW), Chismes Haloho, Ketua Pemenangan Anton Saragih-Rospita Sitorus, Budi Damanik, Tim Penghubung atau LO pasangan Hasim-Tumpak Siregar, Pandapotan Silalahi, LO pasangan Wagner Damanik-Abidinsyah Saragih, Janri Parkinson, Ketua MUI Simalungun, Abdul Halim Lubis, Ketua PP Simalungun, Elkananda Shah dan Ketua IPK Simalungun Rudolf Girsang.

Kapolres dalam kata sambutannya menghimbau kepada masyarakat agar tetap menaati prokol kesehatan (prokes) dalam menjalankan tahapan Pilkada pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

“Deklarasi Pilkada Damai ini bertujuan untuk mewujudkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun agar berjalan dengan aman dan damai sampai terpilihnya pemimpin yang diharapkan masyarakat. Saat ini masih berjalan tahapan kampanye dan sampai saat ini situasi masih aman dan kondusif,” ujar AKBP Agus.

Ditambahkan Kapolres, siapa pun yang terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Simalungun bukan hanya bagi sekelompok orang, melainkan bagi seluruh masyarakat Simalungun.

Menurutnya, Polres Simalungun saat ini telah menyiapkan personil sebanyak 4.940 orang terdiri dari TNI dan Polri dalam rangka pengamanan Pilkada Simalungun.

Sementara itu, JR Saragih mengatakan, atas nama Pemkab Simalungun mengapreasi Polres Simalungun yang menjadi tuan rumah dalam kegiatan deklarasi Pilkada Damai dan doa bersama tersebut. Pemkab Simalungun berharap, agar Pilkada berjalan dengan aman dan kondusif.

“Pemkab Simalungun mendukung Forkompimda serta KPUD dan Bawaslu guna terciptanya Pilkada yang damai,” kata JR Saragih.

Dandim Letkol Inf Roly menegaskan, Kodim 0207/Sml siap membantu pihak terkait dalam mensukseskan Pilkada, dan menghimbau masyarakat dalam rangka kampanye maupun tahap pencoblosan agar menaati protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Kodim 0207/Simalungun telah menyiapkan kurang lebih 1.000 orang personil untuk membantu Polres Simalungun dalam menciptkan situasi yang aman dan kondusif,” tukasnya.

Kegiatan dirangkai dengan upacara nasional, pembacaan ikrar deklarasi Pilkada Damai oleh Kakan Kemenag, serta diakhiri penandatanganan deklarasi Pilkada Damai oleh semua undangan, para pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, seluruh Ketua partai politik, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Forkopimda. (Rel/Zai)