Acara 1.000 Tenda Kaldera Toba Festival di Tobasa Raup Ratusan Juta

64
Kepala Desa Meat.

Tobasa, Lintangnews.com | Jika dihitung hasil yang diraup kegiatan 1.000 Tenda Kaldera Toba Festival mulai dari biaya pendaftaraan hingga sampai ke penghasilan warga selama 3 hari dari berjualan makanan dan jajanan di lokasi, bisa dipastikan acara itu ditaksir berhasil meraup ratusan juta rupiah.

Selama 3 hari digelar di Desa Meat Kecamatan Tampahan Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), acara 1.000 Tenda Kaldera Toba Festival telah mendatangkan sekitar 7.000 jiwa.

Sedangkan yang masuk ke daftar registrasi, yang melakukan pendaftaran, sebanyak 4.400 jiwa.

Demikian diakui Ketua Komunitas Rumah Karya Indonesia (RKI), Ojak Manalu, Minggu (30/6/2019).

Sementara, menurut keterangan yang diberikan Kepala Desa (Kadis) Meat, Janri Simanjuntak, sesuai informasi yang diberikan kepadanya, jumlah pendaftar sebanyak 4.800 jiwa dan tenda yang berdiri sekitar 1.800 unit.

“Namun kita tidak mengetahui ada penambahan pendaftaran setelah diberitahukan kepada saya kemarin malam,” katanya.

Pelaksanaan 1.000 Tenda Kaldera Toba Festival.

Ada sedikit rasa kecewa yang dirasakan Janri. Sebab kegiatan ini dihubungkan dengan program dari Kementerian dan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT).

“Hal ini tidak benar, kita melakukan ini secara mandiri dengan Komunitas RKI, makanya setiap peserta dipungut biaya 20 ribu per jiwa. Hasilnya setengah untuk kita dan setengah lagi untuk Komunitas RKI, sebagai biaya produksi,” cecarnya.

“Namun, tidak kita sangkal peran dari Pemkab Tobasa memberikan fasilitas, panggung untuk acara hiburan, tenda besar tempat diskusi, tempat sampah, serta loader meratakan tanah untuk tempat mendirikan tenda,” kata Janri mengakhiri.

Terpisah, Direktur Pemasaran BPODT, Basar Simanjuntak melalui pesan WhatsApp (WA) menuturkan, pihaknya merencanakan dan mendukung beberapa event di kawasan Danau Toba di 8 Kabupaten baik yang dimiliki oleh Komunitas atau Pemkab Tobasa.

Selanjutnya, di awal tahun komunitas RKI mengusulkan 3 event mereka untuk didukung termasuk 1.000 tenda. Dengan pertimbangan sebaran lokasi atau Kabupaten dari 3 event itu satu event dipilih menjadi Calendar Of Event (17 event) yaitu Tao Silalahi Art Festival.

“Perlu diketahui, tidak semua juga event di kawasan Danau Toba bisa kami dukung. Kami hadir mengunjungi dan memberi semangat kepada RKI melalui Siparjalang dan Ojax,” kata Basar yang memberikan selamat atas suksesnya acara 1.000 tenda. (asri)