Acara Pasombu Sihol Simanjuntak Pomparan Sobosihon Bakal Untungkan Pihak Hotel

Tambak Sobosihon Boru Sihotang.

Tobasa, Lintangnews.com | Dipastikan pelaku wisata perhotelan  di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), khususnya wilayah Kecamatan Balige akan dipadati para pengunjung di acara Pasombu Sihol (ziarah bersama) pada tanggal 14-15 Desember 2018, tepatnya di Desa Hutabulu Mejan.

Sekretaris Pasombu Sihol, Lalo Hartono Simanjuntak menuturan, acara yang diselenggarakan untuk meningkatkan rasa kebersamaan keturunan Simanjuntak dari Sobosihon Boru Sihotang. Karena diketahui keturunan hingga saat ini sudah mencapai jutaan jiwa yang tersebar di pelosok dunia.

“Pertemuan itu akan mengikat satu sama lain, dalam membentuk ikatan batin yang kuat, seperti kata pepatah ‘Tak kenal maka tak sayan’. Nantinya, dimana pun seluruh keturunan Sobosihon Br Sihotang bila bertemu akan saling bahu-membahu untuk kesejahteraan Simanjuntak Sitolu Sada Ina dan Borunya,” sebut Lalo, Senin (10/12/2018).

Lanjutnya, seperti pepatah Batak ‘Marsitukkol tukkolan songon suhat dirobean, marsiamin-aminan songan lappak ni gaol’ (Rasa senasib sependeritaan dan rasa kebersamaan, saling bahu-membahu) akan membesarkan Simanjuntak keturunan Sobosihon Boru Sihotang.

Terpisah, Humas Pasombu Sihol, Paber Simanjuntak mengatakan, peziarah Pasombu Sihol sudah banyak yang memesan kamar hotel di Kabupaten Tobasa.

Dia menilai, apabila acara itu dilakukan sekali dalam setahun, dapat dikatakan Tambak Sobosihon Boru Sihotang merupakan tujuan objek wisata adat, maka dengan kunjungan keturunan Simanjuntak Sitolu Sada Ina akan menguntungkan pelaku wisata perhotelan, sekaligus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Tobasa. (asri)