Acara Wisuda, Rektor USI: Universitas harus Memiliki Kompetensi Praktis, Bukan Hanya Akademik

Acara wisuda Universitas Simalungun dengan sistem daring.

Siantar, Lintangnews.com | Sebanyak 102 orang Sarjana dan Magister Sains di wisuda oleh Universitas Simalungun (USI), bertempat di gedung Auditorium Radjamin Purba, Selasa (21/9/2021).

Kegiatan wisuda itu hanya diikuti wisudawan/i. Sedangkan para orang tua wisudawan/i dapat mengikuti prosesi dengan sistem daring.

Mengantisipasi penularan Covid-19, sebelum melaksanakan wisuda dengan sistem luring, para wisudawan/i telah melaksanakan swab di rumah singgah yang dilaksanakan tanggal 20 September 2021. Hal ini dilakukan pihak USI untuk mengantisipasi terjadinya penularan Covid-19.

Corry Purba selaku Rektor USI menyampaikan, untuk saat ini terdapat 102 orang wisudawan/i yang mengikuti prosesi. Dengan kwalifikasi antara lain, untuk Pasca Sarjana sebanyak 41 orang dan 61 orang Sarjana.

“USI saat ini berfokus kepada peningkatan kualitas pelaksanaan Tridarma perguruan tinggi. Menerapkan merdeka belajar-kampus merdeka,” sebut Corry saat menyampaikan pidatonya.

Dijelaskannya, Universitas harus berkembang dan menjadi entrepreneurenial university yang menghasilkan lulusan bukan pencari kerja, melainkan sebagai wirausahawan. Selain itu, tidak hanya memiliki kompetensi akademik semata, melainkan kompetensi praktis.

Acara wisuda itu dihadiri oleh Kepala Layanan Pendidikan Wilayah I Medan, Ketua dan anggota pembina pengurus serta pengawas Yayasan USI, Bupati Simalungun diwakili Kepala Dinas Pendidikan, Elfiani Sitepu, Wakil Wali Kota Siantar, Togar Sitorus, Ketua Partuaha Maujana Simalungun (PMS), pimpinan dan anggota senat akademik USI, Kapolres Simalungun diwakili Wakapolres, Kompol Alfianto, Kandepag siantar diwakili Samsudin Siregar, para Wakil Rektor, Dekan, Dosen Dan tenaga pendidikan di USI.(Elisbet)