Ada Dirut Perusahaan Daerah Pasang Foto Capres, Ini Sikap Bawaslu Siantar

Foto ilustrasi.

Siantar, Lintangnews.com | Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta netral dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019. Selain ASN, jajaran Direksi perusahaan daerah di Kota Siantar diminta tidak memihak kepentingan siapapun.

Hal ini disampaikan M Syahfii Siregar selaku Divisi Pengawasan Humas dan Hubal Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Siantar, saat dikonfirmasi Jumat (1/2/2019).

“Walaupun dia Direktur Utama (Dirut) perusahaan daerah, tidak boleh juga. Walau mereka bukan ASN tetapi mereka dibiayai oleh negara. Apapun status mereka, selama mereka menerima gaji yang bersumber dari Anggaran Pendapatan belanja daerah (APBD) maupun Angaran Pendapatan Belanja negara (APBN) maka mereka masuk dalam kategori ASN karena intinya dibiayai oleh negara,” sebutnya.

Ia menambahkan, Bawaslu Siantar akan memberikan himbauan terlebih dahulu. “Namun jika ada temuan, akan kita lanjuti” tegasnya.

Sebelumnya, amatan lintangnews.com ada seorang Dirut di salah satu perusahaan daerah di Siantar memasang foto salah satu capres di profil WhatsApp (WA) nya. Sayangnya, foto profil tersebut saat ini telah diganti oleh pemilik nomor.

Seperti diketahui, ada sejumlah dasar hukum, menjadi pelaksanaan netralitas ASN. Yakni, UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, SE KASN Nomor B-2900/KASN/11/2017 tanggal 10 November 2017 tentang Pengawasan Netralitas Pegawai ASN pada Pilkada Serentak 2018, UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota, PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, PP Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik ASN dan surat Menpan-RB Nomor B/71/M.SM.00.00/2017 tanggal 27 Desember 2017. (elisbet)