Akibat Abrasi Sungai, Jalan Kampung Banjar Nyaris Putus

Kondisi sungai yang mengalami abrasi.

Asahan, Lintangnews.com | Hampir dua tahun ini, jalan utama yang berada di Dusun I Kampung Banjar, Desa Teladan, Kecamatan Tinggi Raja, Kabupaten Asahan mengalami abrasi akibat tergerus air sungai.

Akibatnya, badan jalan nyaris hilang karena terus terkikis air. Sehingga para pengguna jalan terpaksa harus berhati-hati saat melintasi tempat itu.Sungai yang mengikis jalan hanya berjarak tinggal 3 meter dari badan jalan.

Pantauan lintangnews.com di lokasi, terlihat badan jalan semakin habis terkerus air sungai. Apabila lama-lama dibiarkan, maka berakibat jalan terputus.

Seperti disampaikan salah seorang warga Kampung Banjar, Misno, jika akibat abrasi itu, dirinya wajib berhati-hati jika melintas di jalan itu.

“Parah kali, sudah hampir dua tahun ini jalannya seperti ini. Kami merasa takut saat melintas,” beber Misno, Minggu (3/2/2019).

Kekhawatiran warga itu memang cukup beralasan. Sebab, selain badan jalan yang nyaris putus, diperparah dengan tidak adanya penahan ataupun tanggul yang menahan abrasi. Sehingga kapan saja bisa memakan korban jiwa jika badan jalan itu ambrol.

Di tempat yang sama, warga lainnya, Sukimin berharap kepada pemerintah untuk benar-benar secepatnya memberikan perhatian kepada permasalahan di desa mereka.

“Kami meminta kepada Pemkab Asahan atau Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) agar tanggap segera memperbaiki jalan dan membangun penahan (bronjong) sebelum memakan korban,” ungkap Sukimin. (handoko)