Akibat Longsor, Jalan Siantar-Tanah Jawa Terputus Total 

Amblasnya badan penghubung Kota Siantar-Tanah-Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan.

Simalungun, Lintangnews.com | Ruas badan jalan provinsi Siantar-Tanah Jawa di Nagori Marubun Jaya, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun terputus total, Minggu (31/3/2019) sore.

Hal itu terjadi akibat badan jalan tergerus curah hujan hingga mengalami longsor dan amblas. Dan diduga akibat lambannya Pemerintah Provinsi Sumatera (Pemprovsu) melakukan perbaikan.

“Selain akibat tergerus curah hujan lebat hingga longsor dan amblas, lambannya penanganan dalam hal perbaikan oleh Pemprovsu diduga penyebab terputusnya badan jalan,” ucap salah seorang warga yang ada di lokasi menyaksikan luapan air menggerus badan jalan.

Warga menyaksikan terputusnya Jalan Siantar-Tanah Jawa.

Dikatakan, longsornya badan jalan penghubung Kota Siantar-Tanah Jawa Simalungun dan Kabupaten Asahan Kecamatan Bandar Pasir Mandoge itu akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Dolok Panribuan, Jorlang Hataran dan Siantar.

“Longsornya badan jalan milik Pemprovsu ini sudah berlangsung lama. Bahkan bertahun-tahun dan sudah juga diperbaiki Pemprovsu melalui Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (DBMBK). Tapi selalunya gagal alias amblas lagi. Dan terakhir sekira penghujung tahun ini ditangani separuh hati,” ungkapnya. (zai)