Petani Padi di Tobasa Senang, Hujan Turun 3 Hari Berturut-turut

Hujan mengguyur 3 Kecamatan di Tobasa pada Minggu (31/3/2019).

Tobasa, Lintangnews.com | Sejak awal bulan Maret 2019, musim kemarau melanda hampir seluruh Kabupaten Toba Samosi (Tobasa).

Namun akhir Maret hujan mulai turun di 3 Kecamatan yakni, Kecamatan Porsea, Bonatua Lunasi dan Lumbanjulu.

Masyarakat di 3 Kecamatan sempat mengeluhkan kemarau dengan hembusan angin kering yang melanda di bulan Maret 2019. Tetapi senyum mulai terlihat di wajah petani padi, pada Minggu (31/3/2019).

Seperti dikatakan salah seorang petani padi, Toni Sitorus, warga Kecamatan Bonatua Lunasi, dirinya sempat khawatir dengan lamanya hujan turun, sementara padi yang ditanam membutuhkan air hujan.

“Padi yang saya tanam sudah berumur 1,5 bulan, pemupukan menggunakan bahan kimia sudah dilakukan 2 kali. Namun hal itu belum cukup, tanpa siraman air hujan yang dapat memaksimalkan kesuburan tanaman padi saya,” sebut Toni.

Terpisah, warga Kecamatan Porsea, M Sirait mengatakan, Tuhan memang Maha Penyayang, di saat tanaman padi membutuhkan curah hujan yang cukup, setelah kemarau hampir sebulan akhirnya diberikan juga.

“Semoga, dengan turunnya hujan sejak Jumat kemarin, hingga Minggu ini akan menambah kesuburan padi saya. Di saat musim panen tiba di bulan Juni hingga Juli 2019 nanti, produk hasil pertanian saya dapatkan dengan maksimal,” harap Sirait. (asri)