Aksi Diakonia Ketahanan Pangan HKBP Karang Bangun, Ini Tanggapan Bupati Simalungun

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Ephorus HKBP, Pdt Robinson Butar-butar menabut bibit ikan mas.

Simalungun, Lintangnews.com | Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga menghadiri aksi diakonia HKBP Karang Bangun dalam rangka ketahanan pangan yang dirangkai dengan penaburan 2 ribu benih ikan mas di Kampung Samosir, Nagori Karang Bangun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sabtu (25/9/2021).

Kegiatan yang diinisiasi Pdt Joni Sihite itu juga dihadiri Ephorus HKBP, Pdt Robinson Butar-butar, pengurus Nahdlatul Ulama (NU) maupun GP Ansor, Sekda Simalungun, Esron Sinaga dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pardomuan Sijabat.

Radiapoh menyampaikan apresiasi terhadap apa yang dikerjakan HKBP dalam kaitannya dengan ketahanan pangan, melalui pembentukan kolam pemeliharaan ikan, yang terutama dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di Nagori Karang Bangun dan secara keseluruhan Simalungun.

“Saya tidak sangka, jika pekerjaan yang berhubungan dengan ketahanan pangan ini, sangat luar biasa yang dilakukan HKBP bersama masyarakat di sekitarnya. Saya menyambut gembira, karena pekerjaan ini membantu program Pemkab Simalungun dalam meningkat ketahanan pangan,” kata Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan bantuan 2.000 ekor ikan mas untuk dikembang biakkan di kolam yang sudah dipersiapkan.

Sementara itu, Ephorus menyampaikan, apa yang dilaksanakan terkait bagaimana menjaga ketahanan pangan melalui pemeliharaan dan pembibitan ikan, merupakan bentuk dari kerja sama lintas sektoral.

“Dalam pertemuan dengan pimpinan NU, kita sudah menjalin kesepakatan bersama untuk bekerja sama membantu program pemerintah hingga ke tingkat lokal. Ini lah yang kita lakukan sekarang, melalui pergerakan yang diinisiasi Pdt Joni Sihite. Kita juga lihat kehadiran saudara-saudara kita dari NU dan GP Ansor yang sama-sama melihat apa yang dikerjakan saat ini,” kata Pdt Robinson.

Ditegaskan Ephorus, masyarakat dengan para tokoh agama harus membangun kerja sama dalam membangun bangsa ini.

“Jadi, tidak hanya terfokus pada pemerintah saja yang membangun negeri ini, lintas sektoral juga harus digerakkan. HKBP hingga ke seluruh Distrik akan melakukan hal yang sama,” sebutnya.

Acara diakhiri dengan penaburan ikan yang dilakukan secara bersamaan oleh Bupati Simalungun, Ephorus HKBP dan seluruh undangan yang hadir. (Rel/Zai)