Ini Disampaikan Bupati Asahan di Kegiatan Lomba Potensi dan Inovasi Desa

Penyerahan hadiah Lomba Potensi dan Inovasi Desa di Kabupaten Asahan.

Asahan, Lintangnews.com | PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) (Persero) menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba potensi dan inovasi Desa di Kabupaten Asahan, Jumat (25/9/2021).

Hadiah langsung diserahkan langsung Senior Excecutive Vice President PT Inalum, Ismail Midi bersama Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (mewakili Bupati Asahan), Suherman Siregar dan Ketua TP PKK Kabupaten, Titiek Sugiarti Surya

Ismail Midi mengatakan, ada 3 Kabupaten yang mengikuti lomba itu, di antaranya Kabupaten Asahan. Dia menambahkan, melalui lomba ini diharapkan desa-desa di Asahan dapat menggali potensi yang ada di daerah masing-masing.

“Gali potensi yang ada di Desa dan terus lakukan inovasi baru, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa,” ucap Ismail.

Bupati Asahan yang diwakili Suherman Siregar mengatakan, tujuan inovasi Desa adalah untuk mendorong pembangunan Desa yang lebih berkualitas, efektif dan efisien, melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat untuk mendorong produktifitas dan pertumbuhan ekonomi.

Pada lomba ini ada 3 klaster yang diikuti dalam pengembangan potensi dan inovasi Desa yaitu klaster lingkungan. Dimana pada klaster ini perlu peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menggali dan menata lingkungan pengelolaan dan pemanfaatan pekarangan rumah.

Untuk klaster ekonomi, pengembangan kearifan lokal dan kewirausahaan, pengembangan usaha masyarakat yang diprakarsai Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) serta Produk Unggulan Desa (Prudes), Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prokades) dalam rangka menggerakkan dan mengembangkan perekonomian Desa.

Sedangkan untuk klaster wisata ini diharapkan pertisipasi masyarakat untuk menggali dan menata Sumber Daya Alam (SDA) yang ada, dengan memperhatikan infrastruktur, sarana dan prasarana, pengelolaan maupun lingkungan sekitar.

“Saya berharap, dengan adanya lomba potensi dan inovasi Desa ini dapat menjadi motivasi bagi kita untuk menggali potensi di Desa dan berinovasi untuk mengembangkan SDA, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih pada PT Inalum yang telah melakukan kerja sama dengan Pemkab Asahan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD). “Semoga kerja sama ini dapat terus dilanjutkan pada masa-masa mendatang,” sebutnya. (Heru)