Antisipasi Banjir, Ini Pendapat Anggota DPRD Asahan dari Fraksi PDIP 

PAC PDI Perjuangan Tinggi Raja menyerahkan bantuan beras pada Kepala Desa Piasa Ulu.

Asahan, Lintangnews.com | Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Asahan melalui Wakil Ketua PAC Tinggi Raja, Anas Sitorus dan Andi Sitorus memberikan bantuan sembako pada masyarakat Desa Piasa Ulu yang terkena banjir.

“Bantuan yang diberikan berupa, beras mie instan, telur dan air mineral. Semoga bantuan ini bisa membantu dan sedikit mengurangi beban para korban banjir,” ucap Anas, Rabu (10/10/2018).

Terpisah melalui telepon seluler, salah satu Anggota DPRD Asahan, Rosmansyah menilai, banjir yang melanda Kecamatan Tinggi Raja setiap saat merupakan dampak dari sedimentasi dan banjir kiriman dari hulu sungai. Anggota dewan dari Fraksi PDI Perjuangan meminta pemerintah daerah untuk bertindak sesegera mungkin.

“Jangka pendek, pemerintah hendaknya dapat membantu korban banjir melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), melakukan program rehabilitasi pasca bencana, normalisasi Sungai Piasa dan pembangunan sumur sumur resapan,” ujar Rosmansyah.

Jangka menenga, menurutnya, pemerintah hendaknya  melakukan program rehabilitasi green belt pada sekitar daerah aliran sungai, serta pengendalian dan pemanfaatan air sungai sebagai sumber energi terbaru. Atau juga sebagai bagian dari irigasi termodifikasi yang menyokong ketersediaan air untuk budidaya pertanian, perkebunan dan perikanan.

Rosmansyah juga mengatakan, untuk jangka panjang, pemerintah diharapkan mampu melakukan penanganan greenbelt secara partisifatif dengan menanam tanaman MPTS atau tanaman buah-buahan di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang memiliki nilai ekonomi bagi warga sekitar. Sehingga warga mau ikut memelihara daur hidrologi Sungai Piasa.

“Kami dari Fraksi PDI Perjuangan rutin membuat posko dan membantu warga yang terkena dampak setiap banjir di Piasa Ulu dan desa-desa sekitar,” ungkapnya. (handoko)