Audiensi ke Bupati, Kemenag Deli Serdang Harapkan Pemkab Bantu Guru PAI Ikut PPG

Foto bersama usai audiensi kantor Kementerian Agama Kabupaten Deli Serdang.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan menerima audiensi kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat di kantor Bupati, Rabu (3/8/2022).

Dalam sambutannya, Ashari mengatakan, pada dasarnya Pemkab Deli Serdang serius untuk mewujudkan visi misi Kabupaten Deli Serdang, yakni religius.

“Ada hal penting di Deli Serdang ini untuk bagaimana bisa mereligiuskan masyarakat. Selain memajukan dan mensejahterakan, bagaimana masyarakat Deli Serdang lebih beriman, lebih taat untuk semua agama dan meningkatkan ketakwaan itu semakin baik,” kata Bupati.

Menurut Ashari, masyarakat Deli Serdang adalah masyarakat yang maju serta hidup dengan rukun dan guyub.

“Saya harapkan juga dari pemahaman kita bersama agar masyarakat yang religius dan semakin baik,” sambung Bupati.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis), Nurlela menerangkan, pada tahun 2020 lalu, sebenarnya sudah ada surat edaran untuk berkoordinasi dengan Pemkab Deli Serdang dalam rangka partisipasi pemerintah daerah membantu biaya Pendidikan Profesi Guru (PPG).

“Ada 1.181 orang guru pendidikan agama Islam kita, baik tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), yang ditempatkan di sekolah, tetapi tunjangan profesinya dibayarkan Kemenag. Jadi, yang sudah mendapatkan sertifikasi tunjangan PPG itu yang Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan jumlah 389 orang, sedangkan non ASN da 102 orang,” terangnya.

Tahun 2021 lalu, lanjut Nurlela, PPG untuk non ASN sudah dibayarkan. Namun, dari Kemenag hal tersebut menjadi kendala karena ada lebih dari 600 guru belum sertifikasi.

“Semua pasti akan ikut seleksi karena sangat diharapkan. Sampai hari ini, kita dari tahun 2019, masih ada yang sudah lulus tes dari 86 orang dan 51 orang lagi yang belum PPG dikarenakan memang anggaran Kemenag tidak mencukupi untuk pengadaan PPG bagi seluruh guru agama Islam,” jelasnya.

Lanjutnya, di tahun 2022 ada 318 orang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dari tingkat SD, SMP dan SMA sudah lulus tes. Keseluruhan ada 369 orang guru PAI yang belum PPG sudah lulus.

“Namun belum PPG beberapa kali dan supaya terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Mohon kiranya hal ini bisa dianggarkan untuk mereka untuk mengikuti PPG,” harapnya.

Turut hadir dalam audiensi itu, Kepala Kemenag Deli Serdang, Abdul Haris Harahap, Kasubag Tata Usaha, Fahrizal, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, Mukti Ali Harahap, Kepala Dinas Pendidikan, Yudy Hilmawan dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. (Idris)