Awal Februari, Pemko Siantar Segera Buka Pendaftaran PPPK Tahap Pertama 

Sejumlah pelamar ASN beberapa waktu lalu (Int).

Siantar, Lintangnews.com | Pemko Siantar akan segera membuka pendaftaran untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap pertama pada awal bulan Februari 2019 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemko Siantar, Zainal Siahaan melalui Kabid Perencanaan dan Pembinaan Kepegawaian, Farhan ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (29/1/2019).

Menurut Farhan, kebijakan seleksi tahap pertama berupa seleksi untuk tenaga honorer kategori 2 yang tidak lulus seleksi SKD 2013. Penyuluh pertanian yang memiliki kerjasama dengan Kementrian Pertanian (Kementan) dan DOsen.

“Data base terpusat di Badan Kepegawaian Negara (BKN), sistem seleksi dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dan proses penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) terintegrasi di BKN,” terang Farhan.

Disampaikannya, sinkronisasi dan integrasi data hingga pengumuman seleksi memakan waktu sekitar 3 minggu. Jadi untuk seleksi tahap pertama butuh waktu 6 minggu.

Lebih lanjut dijelaskannya, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 tahun 2018 tentang Manajemen PPPK disebut, menduduki jabatan pemerintah, jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bisa diisi yakni, Jabatan Fungsional (JF), Jabatan Tinggi Pratama (JPT) madya dan utama tertentu, diangkat dengan perjanjian kerja sesuai kebutuhan instansi.

“Memiliki NIP secara nasional, melaksanakan tugas pemerintah, usia minimal 20 tahun, dan paling tinggi setahun sebelum batas usia jabatan. Untuk masa kerja paling singkat 1 tahun, gaji berdasarkan perundang undangan, mendapat perlindungan Jaminan Hari Tua (JHT), jaminan kesehatan dan lainnya,” sebut Farhan. (elisbet)