Balap Liar dan Knalpot Bising, Ini Himbauan Kasat Lantas Polres Siantar untuk Orang Tua

Kasat Lantas Polres Siantar, AKP Muhammad Hasan.

Siantar, Lintangnews.com | Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Siantar semakin giat melakukan penertiban terhadap pengguna sepeda motor yang dianggap memakai knalpot bersuara bising.

Hal itu dilakukan guna memberi rasa nyaman kepada pengendara dan masyarakat di Kota Siantar.

Kasat Lantas, AKP Muhhamad Hasan mengatakan, selain memburu knalpot bising, pihaknya juga melakukan razia terhadap remaja-remaja yang kerap melakukan aksi balap liar yang dilakukan secara rutin.

“Knalpot yang dianggap standar itu adalah yang dikeluarkan dari pabrikan. Dari pabrikan itu sendiri berarti kan ada spesifikasi, tidak menimbulkan kebisingan. Sampai saat ini sudah ratusan kenalpot bising kita tindak. Para pemilik kendaraan wajib mengikuti sidang,” ujarnya, Kamis (1/7/2021).

Dijelaskannya, kegiatan memburu knalpot bising dilakukan dengan harapan ke depannya para pengendara sepeda motor dapat menggunakan knalpot yang sewajarnya atau standar.

Menurut AKP Muhammad Hasan, mengatasi kegiatan balapan liar dan penggunaan knalpot bising tersebut merupakan tanggung jawab bersama. Dirinya berharap, kepada orang tua agar memantau anak-anak agar tidak melakukan hal yang tidak baik di luaran.

Ia menghimbau, terutama bagi para orang tua jangan membiarkan anak-anaknya memakai kendaraan knalpot bising. Karena di jalan harus pakai hati nurani dan perlu disadari semua pihak pengguna jalan raya.

“Hargai dan bertenggang rasa lah kepada orang lain. Kalau mereka balapan, pakai knalpot bising ada orang yang terganggu.Bagaimana orang mau belajar, ibadah atau lagi sakit. Maka orang tua tolong pantau anaknya, karena semua aktifitas berawal dari rumah,” paparnya.