Bangunan Gazebo Dinas Pariwisata Toba Berbiaya Miliaran Rupiah Diterlantarkan

Bangunan gazebo di Pantai Hatulian Beach yang diterlantarkan dan tidka terawat.

Toba, Lintangnews.com | Pemkab Toba melalui Dinas Pariwisata (Dispar) diduga menelantarkan bangunan gazebo di Pantai Hatulian Beach, Desa Hatulian, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba.

Bangunan itu menelan biaya miliaran rupiah dari APBD Kabupaten Toba. Diketahui bangunan selesai dikerjakan pada tahun 2019 lalu.

Pantauan lintangnews.com, Sabtu (3/7/2021 di lokasi Pantai Hatulian Beach itu sudah menjadi tempat angonan lembu warga sekitar. Selain itu, sudah banyak ditumbuhi rumput akibat tidak pernah diperhatikan pihak Dispar Toba.

Bahkan sampah-sampah di lokasi itu banyak berserahan dan tidak pernah dibersihkan instansi terkait.

Dalam hal ini,pihak Apartur Penegak Hukum (APH) harus melakukan pemeriksaan terhadap pejabat Dispar. Pasalnya anggaran untuk membuat bangunan gazebo itu terindikasi sudah menghamburkan uang negara.

Hotman Sitorus, salah satu pengunjung yang datang ke lokasi pantai menyayangkan bangun gazebo itu tidak pernah dirawat. Menurutnya, ini membuat para wisatawan yang berkunjung ke lokasi itu tidak pernah datang lagi.

“Ini karena lokasi Pantai Hatulian Beach kotor dan jorok dipandang mata. Sampah pun sangat banyak di lokasi pantai dan kamar mandi juga tidak terawat,” sebutnya.

Kadis Pariwisata, Jhon Piter Silalahi mengakui, biaya perawatan bangunan gazebo tidak ada dianggarkan, termasuk pembersihan rumput di pinggiran Pantai Hatulian Beach.

“Ini karena sesudah selesai bangunan itu langsung diserahkan ke pihak Desa. Lokasi itu yang mengelolanya adalah Desa. Namun untuk Hidup untuk dilakukan pembersihan,” paparnya.

Menurutnya, untuk merawat lokasi Pantai Hatulian Beach bisa dianggarkan dari dana desa. Ini supaya lokasi pantai terlihat bagus dan indah dipandang mata. Namun warga Hatulian kurang setuju jika anggaran dana desa dibuat untuk perawatan Pantai Hatulian Beach.

“Pasalnya menurut warga masih ada jalan yang bisa untuk diperbaiki melalui dana desa dari pada lokasi Pantai Hatulian Beach,” papar Jhon Piter. (Frengki)