Banjir Bandang Landa Desa Ambarita

Personil Koramil Simanindo bersama warga gotong royong untuk membersihkan lumpur dari halaman sekolah.

Samosir, Lintangnews.com | Bencana banjir bandang menerjang Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir, Kamis (13/12/2018).

Berdasarkan data di lapangan, bencana banjir ini terjadi akibat hujan deras yang melanda Ambarita sekitarnya. Salah satu sungai (Binanga Tambun Dusun 3  Pasar Dolok ) meluap dan membawa lumpur yang merusak beberapa kebun masyarakat.

Akibatnya 6 ruangan kelas SMA Negeri 1 Ambarita, dan 3 unit rumah warga terkena lumpur. Tidak ada korban jiwa manusia dalam peristiwa itu.

Pantauan dan konfirmasi dari warga, jika sungai itu merupakan sungai yang mengalir musiman di saat hujan. Warga tidak menduga, sungai itu membawa bahan material lumpur yang merusak kebun dan rumah warga serta fasilitas sekolah.

Atas nama Pemkab Samosir, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial (Dinsos) melalui Camat Simanindo, Dapot Simbolon langsung menyalurkan bantuan kepada warga yang terkena dampak banjir.

Untuk normalisasi sungai, Asisten I, Mangihut Sinaga langsung mengkoordinasikan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menurunkan alat berat, sehingga diharapkan kegiatan warga dapat berjalan normal kembali.

“Semoga saudara kita yang tertimpa musibah dapat terhibur dan melalui doa yang kita salurkan,” sebut Mangihut.

Pemkab Samosir dengan cepat dan tanggap telah melakukan penanganan terhadap adanya banjir bandang yang dialami masyarakat Desa Ambarita. Tim Pemkab Samosir telah turun lapangan memonitoring lokasi kejadian di bawah koordinasi Asisten I Mangihut Sinaga, Kadis PUPR, Pantas Samosir, Kepala BPBD, Mahler Tamba, dan Kabid Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Ricky Rumapea beserta staf.(HBN).