Banjir Rob Hantam Kawasan Pesisir Pantai Labu

Banjir rob yang terjadi di pesisir Kecamatan Pantai Labu.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Banjir rob atau pasang perdani yang terjadi, Kamis (7/19/2021) dini hari menghantam kawasan pesisir Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang.

Pantauan di lapangan, banjir rob yang dibawa gelombang (ombak ) laut yang lumayan besar mengakibatkan air laut masuk ke pemukiman penduduk tepi laut dan tak sedikit peralatan rumah dan alat elektronik kasur mengalami kerusakan terkena air.

Selain kawasan pemukiman penduduk seperti di Desa Bagan Serdang, Rantau Panjang, Regemuk dan Desa lainnya, beberapa pondok objek wisata pantai pun hancur terkena banjir rob tersebut.

Wak Uteh (60) warga Regemuk menuturkan, banjir rob memang terjadi di wilayah pesisir setiap 6 bulan sekali. Namun banjir Rob yang terjadi kali ini di luar prediksi, sehingga membuat warga ketakutan tiba-tiba air laut masuk ke rumah menyebabkan sebagian tak bisa menyelamatkan harta bendanya.

“Menurut perkiraan kami, banjir rob akan terjadi sekitar bulan November atau Desember. Namun kenyataannya lain dan terjadi di bulan Oktober ini,” sebutnya.

Sementara itu Juli (60) selaku penjaga Vihara Dewi Kwan Im mengatakan, banjir rob kali ini sangat besar sekali dari sebelumnya. Selain merusakan rumahnya, banjir sampai keluar menggenangi jalan Desa.

“Dengan kejadian ini kami harus lebih waspada lagi, karena diprediksi banjir rob akan terjadi lagi. Ini karena kami melihat ada ombak yang sangat besar di laut,” kata Juli, searay berharap semua warga harus waspada dengan kejadian alam itu. (Idris)