Bawaslu Siantar Publikasikan Perolehan Suara Partai, KPUD masih Menunggu Rekap Kecamatan

Penghitungan suara di salah satu Kecamatan di Kota Siantar.

Siantar, Lintangnews.com | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Siantar mempublikasikan perolehan suara partai politik (parpol) melalui websitenya.

Ini berdasarkan hasil rekapitulasi perhitungan suara yang dilakukan Bawaslu Kota Pematangsiantar berbasis formulir C1. Disebutkan Bawaslu Siantar, PDI Perjuangan unggul dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019. Menyusul 5 besar adalah Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Hanura, Partai Demokrat dan Partai Gerindra.

Menanggapi hal ini, Gina Ruth Fefiliana Ginting selaku Komisioner Divisi Teknis KPUD Siantar, saat dikonfirmasi menyebutkan hitungan yang dilakukan Bawaslu Siantar dalam berita di website bisa jadi hanya penghitungan  sementara.

Dalam hal tersebut, jelas Gina, pihaknya masih menunggu hasil dari Kecamatan. Karena ada beberapa yang salah tulis dan sudah diperbaiki di Kecamatan.

“Acuan kita base yang di dalam kotak Presiden C1 hologram, yang dipublikasikan mereka (Bawaslu Siantar) itu kan berdasarkan formulir C1,” terang Gina, Kamis (25/4/2019).

Sampai saat ini, ulangnya, KPUD Siantar sedang menunggu rekap dari kecamatan-kecamatan. Sehingga yang dibuat Bawaslu Siantar bisa jadi hanya sementara.

Sayangnya, Syafii Siregar salah satu Komisioner Bawaslu Siantar saat dikonfirmasi enggan menanggapi. Panggilan telepon dan pesan yang dilayangkan tak kunjung berbalas.

Sebelumnya, Bawaslu Siantar melalui websitenya jabarkan untuk Daerah Pemilihan (Dapil) I, Kecamatan Siantar Utara dan Siantar Barat disebutkan PDI Perjuangan meraih sebanyak 8.151 suara. Dapil II meliputi Kecamatan Siantar Martoba dan Siantar Sitalasari sebanyak 10.154 suara. Sementara di Dapil III yakni, Kecamatan Siantar Timur, Siantar Selatan, Siantar Marihat dan Siantar Marimbun meraih sebanyak 16.747 suara.

Secara keseluruhan, PDI Perjuangan meraih 8 kursi, yakni 2 kursi di Dapil I, 2 kursi di Dapil II dan 4 kursi di Dapil III.

Lalu, Partai Golkar di Dapil i meraih 5.313 suara, Dapil II sebanyak 7.804 suara dan Dapil III sebanyak 7.190 suara. Partai Golkar meraih 5 kursi, masing-masing 1 kursi di Dapil I, 2 kursi di Dapil II dan 2 kursi di Dapil III.

Berlanjut, Partai Nasdem di Dapil I meraih 6.763 suara, Dapil II meraih 4.020 suara dan Dapil III meraih 4.464 suara. Partai ini memperoleh 4 kursi, masing-masing 2 kursi di Dapil I, 1 kursi di Dapil II dan 1 kursi di Dapil III.

Berikutnya, Partai  Hanura di Dapil I meraih 5.905 suara, Dapil II meraih 3.613 dan Dapil III meraih 5.333 suara. Dari hasil ini Partai Hanura meraih 4 kursi, masing-masing Dapil I sebanyak 2 kursi, Dapil II sebanyak 1 kursi dan Dapil III sebanyak 1 kursi.

Partai Demokrat di Dapil I mendapat 4.757 suara, Dapil II mendapat 2.810 suara dan Dapil III mendapat 5.374 suara. Partai Demokrat meraih masing-masing 1 kursi di ketiga Dapil itu.

Kemudian, Partai Gerindra di Dapil I meraih 4.447 suara, Dapil II meraih 3.492 suara dan Dapil III meraih 3.395 suara. Partai Gerindra meraih masing-masing 1 kursi di tiap Dapil.

Partai lainnya yang mendapat kursi di DPRD yakni PAN sebanyak 2 kursi, masing-masing di Dapil I dan Dapil II. Kemudian PKPI mendapat 1 kursi di Dapil III. Dengan jumlah kursi di DPRD Siantar total sebanyak 30 kursi. (elisbet)