Bertemu Wamentan, Ini Sejumlah Hal Diajukan Bupati Simalungun

Pertemuan Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi dengan Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Jakarta, Lintangnews.com | Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi menerima audensi Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi Kepala Dinas Pertanian, Ruslan Sitepu, di ruang kerja Wamentan di Kementerian Pertanian (Kementan), Jumat (17/9/2021).

Dalam pertemuan itu, Bupati menjelaskan, hal yang krusial disampaikan dan menjadi pembahasan serius terkait masalah kuota pupuk bersubsidi, koperasi dan petani berdaulat/sejahtera.

“Bertemu dengan Wamentan dalam kaitan mewujudkan salah satu dari visi misi saya bersama Zonny Waldi untuk ketersediaan pupuk bersubsidi yang benar-benar disalurkan bagi kepentingan para petani. Kita tidak akan mendengar lagi, apa yang selama ini dikeluhkan para petani, yaitu masalah kelangkaan pupuk. Apalagi namanya pupuk bersubsidi yang khusus diperuntukkan bagi para petani,” kata Radiapoh.

Bupati menjelaskan, pola tanam serentak akan diterapkan, terkait upaya mengembalikan julukan Kabupaten Simalungun sebagai lumbung padi di Sumatera Utara, maka ketersediaan pupuk bersubsidi harus terjaga dengan baik, melalui tata kelola yang benar dan berpihak kepada para petani melalui kelompok-kelompok tani.

“Untuk menjaga ketersediaan pupuk bersubsidi agar pola tanam serentak dapat berjalan dengan baik, kita sudah ajukan kepada Wamentan untuk penambahan quota pupuk bersubsidi bagi para petani Simalungun,” katanya.

Radiapoh juga menyampaikan tentang pentingnya Koperasi Petani sebagai ‘bapak’ angkat” petani dalam tata kelola pupuk, serta kepastian harga jual yang benar-benar dapat meningkatkan penghasilan para petani.

“Melalui koperasi, kita ingin para petani di Simalungun mengalami perubahan, terkhusus dalam peningkatan pendapatan, yang akhirnya para petani benar-benar berdaulat dan sejahtera. Hal itu tentu akan berdampak pada sektor-sektor lain, yang berkaitan dengan meningkatnya daya beli,” sebutnya. (Rel/Zai)