Bhayangkari Tobasa : Tanam Pohon Macadamia Lestari Hutan Lestari Ekonomi

Ketua Bhayangkari Tobasa, Rissa Agus Waluyo saat menaman tanaman Macadamia.

Tobasa, Lintangnewscom | Ketua Bhayangkari Cabang Toba Samosir (Tobasa), Rissa Agus Waluyo bersama dengan Ketua Ranting Polres Tobasa dan Bhayangkari Tobasa dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 73, Senin (1/7/2019) sekira pukul 10.45 WIB, gelar penanaman pohon Macadamia.

Kegiatan penanaman pohon Macadamia sebagai bentuk partisipasi dan keikutsertaan Bhayangkari Cabang Tobasa dalam menjaga keselamatan Hutan dan melestarikan lingkungan hidup di Provisinsi Sumatera Utara dan secara khusus di Kabupaten Tobasa.

Untuk diketahui biji kacang Macadamia dapat menghasilkan minyak hingga 80 persen, minyak ini berguna untuk kosmetik, terutama untuk produk perawatan kulit, karena merupakan alternatif untuk minyak mink (pelembab extra untuk kulit).

Yang mana tinggi tanaman acadamia, antara 2-8 meter, daun vertikal atau melingkar di batang antara 3 sampai 5 helai. Daun memanjang dengan tepi bergerigi (serrata). Rangkaian bunga dan buah keluar melalui ujung-ujung ranting dinamakan terminal.

Menurut Rissa, selain untuk melestarikan lingkungan hidup dan menyelamatkan hutan, pohon Macadamia, menghasilkan buah kacang yang dihargai sangat mahal bukan hanya karna rasa yang lembut, tetapi juga karena minyak yang dihasilkan, sehingga bisa menjadi penambah ekonomi masyarakat Tobasa, jika di budidayakan.

Sebab tanaman Macadamia sangat cocok pada ketinggian tempat sekitar 900 meter di atas permukaan laut, sangat bagus pertumbuhannya, bahkan dapat berbuah lebat. “Jadi budidaya pohon Macadamia bisa dikatakan, tembak satu kena dua,” tutup Rissa. (asri)