BID, Sekda Asahan Optimis Pemerintah Desa Maju dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Sekda Asahan, Taufik ZA Siregar menyampaikan pidato Bupati, Surya di pelaksanaan BID tahun 2019.

Asahan, Lintangnews.com | Sekretaris Daerah (Sekda), Taufik ZA Siregar menghadiri Bursa Inovasi Desa (BID) Kabupaten Asahan tahun 2019 yang dilaksanakan di halaman Kantor Camat Pulau Rakyat, Kamis (10/10/2019).

Camat Pulau Rakyat, Alinuddin Marpaung mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan yang telah hadir pada pelaksanaan BID 2019.

“Kegiatan ini tidak dapat berjalan dengan sukses tanpa kerja sama Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) dari 7 Kecamatan yang telah mempercayakan Kecamatan Pulau Rakyat menjadi tuan rumah pelaksanaan BID Kabupaten Asahan Tahun 2019,” ucapnya, seraya berharap dengan dilaksanakan BID dapat mengembangkan desa-desa di 7 Kecamatan.

Sementara itu, pidato Bupati, Surya yang dibacakan Sekda mengatakan, Pemkab Asahan optimis, pemerintah Desa semakin maju dalam penyelenggaraan pemerintahan atau pembangunan.

“Sehingga tercapainya desa yang maju, mandiri dan sejahtera sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang (UU) Desa,” ujar Sekda.

Dia mengatakan, BID ini dirancang Pemerintah Pusat bertujuan untuk membangun desa. Sehingga pembangunan dapat lebih cepat terlaksana dan sesuai dengan yang diamanatkan UU Desa.

Taufik berharap, agar setiap Desa dapat saling bertukar informasi tentang bagaimana cara membangun Desa. Ini agar setiap Desa dapat mencontoh pembangunan desa yang telah berkembang. Karena setiap Desa memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam mengembangkan Desa nya.

“Pembangunan Desa bukan hanya pada bidang insfrastruktur saja, tetapi bidang kewirausahaan dan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga masyarakat dapat sejahtera,” ungkapnya.

Dirinya juga berharap, BID setiap Desa di Asahan dapat membangun Desa nya dan menjadikan masyarakat lebih inovatif dalam melakukan pembangunan. Sehingga penghasilan Desa dapat bertambah dan berkembang.

“Manfaatkan BID yang telah dibuat pemerintah untuk memajukan Desa seperti memasarkan produk yang ada,” paparnya.

Kegiatan itu juga dirangkai dengan penyerahan sertifikat BID kepada para penerima secara simbolis oleh Sekda. Dilanjutkan dengan peninjauan stand BID. (Heru)