BKP Kelas II Medan Sosialisasikan Implementasi Permentan Nomor 26 Tahun 2020

Foto bersama usai kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan BKP Kelas II Medan.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Medan beralamat di Dusun Lestari Desa Pasar V Kebun Kelapa, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (1/12/2020) mengelar sosialisasi implementasi Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 26 Tahun 2020.

Sosialasi membahas tentang tindakan karantina hewan terhadap pemasukan atau pengeluaran sarang burung walet ke dan dari wilayah Indonesia itu dibuka langsung Kepala BKP Kelas II Medan, Hafni Zahara, serta diikuti Kepala Tata Usaha (KTU), Prima Indra, Bea Cukai Kualanamu, Angkasa Pura II, Kantor Pos Medan, Polres Deli Serdang, Polsek Beringin, Pol Airud Pantai Labu, pengusaha sarang burung walet serta penguna jasa.

Sosialisasi yang berlangsung di Balai BKP Medan itu menghadirkan narasumber yakni, Sophia Setyawati dan Esmeralda.

Hafni Zahara dalam sambutannya mengatakan, Permentan Nomor : 41/Permentan/OT 140/3/2013 tentang tindakan karantina hewan terhadap pemasukan atau pengeluaran sarang walet ke dan dari dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sudah tidak sesuai dengan perkembangan ketentuan persyaratan dalam pemasukan atau pengeluaran sarang burung walet.

“Sosialisasi ini juga sekaligus untuk mencegah masuk, menyebar dan keluarnya hama penyakit hewan karantina ke dalam dan keluar dari wilayah Indonesia. Karena itu mari kita semua dapat memanfaatkan momen ini untuk berdiskusi demi perbaikan kedepannya,” tutup Hafni Zahara.

Sementara itu Esmeralda dalam paparannya menyampaikan, ketentuan umum karantina hewan, persyaratan karantina terhadap pemasukan atau pengeluaran sarang burung walet dan tata cara tindakan karantina pertanian.

Dalam sosialisasi ini juga dilakukan sesi tanya jawab yang dipandu moderator, Wagimin. (Idris)