BPBD Asahan Tinjau Lokasi Puting Beliung di Tinggi Raja

Petugas PLN saat memperbaiki aliran listrik.

Asahan, Lintangnews.com | Pemkab Asahan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melakukan peninjauan langsung ke lokasi terjadi angin puting beliung, Senin (19/11/2018).

Sebelumnya angin puting beliung terjadi di Dusun I Desa Padang Sari, Kecamatan Tinggi Raja, Kabupaten Asahan Minggu (18/11/2018) kemarin.

Akibat hujan disertai angin kencang itu berdampak dengan rubuhnya pepohonan antara lain pohon kelapa, pohon jati dan pohon pinang. Rubuhnya pepohonan itu menimpa kabel listrik yang tersambung dari tiang ke tiang.

Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Asahan, Khaidir Sinaga, pihaknya telah melakukan pengecekan langsung ke lapangan bersama aparatur Kecamatan untuk melakukan penilaian dan pengidentifikasian kerusakan-kerusakan yang terjadi.

Rumah warga yang mengalami kerusakan.

Bersama dengan warga masyarakat sekitar telah menyingkirkan serta membersihkan pepohonan yang rubuh, pihak PLN telah hadir di lokasi dan melakukan perbaikan terhadap kabel listrik yang terputus. Ini agar aliran listrik dapat kembali normal.

“Secara umum kondisi di lapangan sudah aman dan terkendali, pihak PLN sedang bekerja memperbaiki kabel-kabel listrik yang terputus serta pepohonan yang rubuh telah dipotong dan disingkirkan ke pinggir jalan, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas pengguna jalan,” sebut Khaidir.

Menurutnya, tidak ditemukan kerugian yang berarti. Hanya saja terlihat ada 1 unit rumah warga yang atap atau seng di bagian ujung teras sedikit rusak. Ini akibat tertimpa pohon yang rubuh, namun tidak menjadi halangan dan hambatan dalam aktivitas di rumah sehari-hari. (handoko)