BPK dan Inspektorat Taput Lakukan Pemeriksaan Fisik Bangunan Kantor Dinas Perkim

Pihak Inspektorat menanyakan kesesuaian gambar pada pihak rekanan.

Taput, Lintangnews.com | Pembangunan kantor Dinas Perumahan dan Permukiman Pemkab Tapanuli Utara (Taput) dengan pagu anggaran sebesar Rp 2.630.281.351,40 bersumber dari APBD tahun 2020 dikerjakan CV Pangeran.

Hal ini mendapat perhatian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Inspektorat Taput untuk melakukan pemeriksaan, baik dari segi fisik dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) nya, Selasa (13/4/2021).

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Dinas Perkim, Tohom Silaban menuturkan, kedatangan BPK dan Inspektorat untuk melakukan pengecekan bangunan kantor mereka yang dibangun pada tahun 2020 lalu.

“Ini karena mungkin mereka berpikiran apakah pengerjaannya sesuai dengan RAB. Ini termasuk apakah kondisi bangunan itu cocok ditempatkan di lokasi yang bersebelahan dengan lahan persawahan masyarakat,” ucapnya.

Disinggung jika turunnya BPK dan Inpektorat terkait adanya pemberitaan di media online jika diduga proyek pembangunan kantor tidak sesuai dengan RAB, Tohom menuturkan, itu tidak ada kaitannya.

Sementara itu, Inspektur Inspektorat, Manoras Taraja yang ikut turun mendampingi BPK, menuturkan pihaknya belum bisa memberikan jawaban atas pemeriksaan yang dilakukan di kantor Dinas Perkim.

“Jadi harap maklum lah dan mohon bersabar lah buat rekan-rekan media,” ujarnya. (Purba)