BPTP Sumut dan PT TPL Teken MoU Pertanian

Tobasa, Lintangnews com | Kementrian Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Utara menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) terkait pertanian ramah lingkungan, Selasa (15/10/2019).

Kepala BPTP Sumatera Utara, Khadijah El Ramija Lubis mengatakan, kesepakatan dengan TPL untuk mengadakan kerjasama terkait dengan penelitian dan pengkajian, dalam upaya mendukung pembangunan pertanian ramah lingkungan di Provinsi Sumatera Utara.

“Dengan adanya kesepakatan ini, kita akan menghasilkan produk pertanian yang unggul. Sehingga nantinya pemerintah dan perusahaan akan menghasilkan benih unggulan, dalam peningkatan hasil panen petani yang optimal,” terang Khadijah.

Lanjutnya, jika ingin petani sejahtera memang idealnya diberikan subsidi output, namun harus dipikirkan secara matang. Karena membutuhkan dana yang tidak sedikit. “Harus ada perencanaan yang kuat serta sinergitas dalam mengimplementasikan benih unggul,” terang Khadijah.

Sementara, pihak TPL, Ramida Siringoringo menjelaskan, melalui kegiatan pengembangan inovasi teknologi dan rekomendasi. Kebijakan pembangunan di bidang pertanian untuk program tumpang sari (intercrop), tanaman kehidupan dan hortikultural dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya di Kabupaten Tobasa.

“Kesepakatan ini sesuai dengan program sosial perusahaan kepada masyarakat. Ini sebagai bentuk implementasi kepedulian terhadap masyarakat, guna meningkatkan ekonomi masyarakat petani,” kata Ramida. (asri)