Buka Pelaksanaan Ujian CPNS di Asahan, Bupati : Jangan Mau Dijanjikan

Asahan, Lintangnews.com | Bupati Asahan, Surya membuka secara resmi pelaksanaan ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 yang dilaksanakan di Aula SKB Dinas Pendidikan (Disdik) Pemkab Asahan, Senin (3/2/2020).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Asahan, Nazaruddin menyampaikan, tujuan diadakan seleksi CPNS ini untuk mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur guna mengisi kekurangan atau kebutuhan jabatan di lingkungan Pemkab Asahan yang memiliki kompetensi dasar dan kompetensi bidang sesuai dengan kebutuhan.

“Ini termasuk tuntutan jabatan dan perannya sebagai penyelenggara pemerintah, serta CPNS yang memiliki karakter yang profesional, jujur, bertanggungjawab dan netral,” sebutnya.

Ada pun yang mengikuti seleksi CPNS terdiri dari 4 Kabupaten yakni, Asahan 4.162 orang, Labuhanbatu 5.287 orang, Batubara 5.976 orang dan Labuhanbatu Selatan (Labusel) 297 orang.

Sementara untuk pelaksanaan ujian diserahkan sepenuhnya kepada Tim Pengawas dari Kantor Regional (Kanreg) VI Badan Kepegawaian Negara (BKN) Medan.

Nazaruddij menuturkan, jadwal pelaksanaan seleksi pengadaan CPNS 2019 akan dilaksanakan mulai tanggal 3-16 Februari 2020, dengan rincian Asahan 4 hari, Labuhanbatu 6 hari, Batubara 6 hari dan Labusel 1 hari.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Inka BKN Regional VI Medan, Jossy Sahat Parsaoran berharap, semoga ujian ini dapat berjalan dengan lancar dan para peserta mengerjakan soal-soal ujian dengan tenang.

Sementara Bupati Asahan, Surya pada pidatonya mengatakan, pelaksanaan seleksi CPNS 2019 berdasarkan dengan ketentuan dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang mengedepankan prinsip transparansi, akuntabilitas, bebas korupsi, kolusi dan nepotisme, serta tidak dipungut biaya apapun.

Surya juga menghimbau agar seluruh masyarakat tidak percaya terhadap oknum-oknum tertentu baik yang mengatasnamakan Pemkab Asahan, pejabat maupun pihak lain yang menjanjikan untuk dapat meloloskan menjadi CPNS di Asahan dengan imbalan tertentu.

Bupati juga mengatakan, tahun ini jumlah peserta yang lulus administrasi sebanyak 4.162 orang untuk mengisi 120 formasi jabatan. Sehingga diharapkan hasil seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) benar-benar menghasilkan peserta terbaik dari yang baik.

“Kepada seluruh masyarakat yang berminat mengikuti rekrutmen ini, saya berharap mempersiapkan diri dan berusaha sebaik mungkin untuk lolos menjadi CPNS,” ucapnya.

Di akhir pidatonya, Surya berharap, semoga pelaksanaan seleksi CPNS dapat berjalan aman, nyaman dan tetap kondusif untuk melahirkan para CPNS yang siap mengabdikan diri kepada bangsa dan negara, terutama Pemkab Asahan. (Heru)