Bupati Humbahas Sependapat atas Pemandangan Umum Fraksi Terkait Ranperda RPJMD 2021-2026

Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan membacakan nota jawaban Bupati.

Humbahas, Lintangnews.com | Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor sependapat dengan pemandangan umum fraksi-fraksi di DPRD, yang salah satunya tentang mutu pendidikan.

Hal ini disampaikan Dosmar melalui Wakil Bupati, Oloan Paniaran Nababan sebagai jawaban atas pemandangan umum fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 pada rapat paripurna di gedung DPRD, Senin (6/9/2021).

Dikatakan Dosmar, visi misi yang tertuang dalam RPJMD tahun 2021-2026 merupakan kondisi ideal yang akan dicapai dalam kurun waktu 5 tahun kedepan.

“Dari visi misi itu terkait mutu pendidikan bahwa pemerintah sependapat harus ditingkatkan karena sebagai salah satu komponen Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan target yang telah ditetapkan,” sebut Bupati.

Selanjutnya, Dosmar juga sependapat sekaitan kesehatan harus diutamakan dalam peningkatan program-program terkait usia harapan hidup sebagaimana tertuang dalam RPJMD 2021-2026.

Selain itu, bidang pertanian yang berkelanjutan juga harus ditingkatkan dalam rangka mensejahterakan masyarakat secara khusus dan ketahanan pangan nasional secara umum.

Menurut Dosmar, dengan ditetapkan Humbahas sebagai lokasi pengembangan Food Estate dan Taman Sains & Teknologi Herbal Hortikultura Center (TST2HC) merupakan sebagai peluang dalam pengembangan pertanian di daerah itu.

“Selain beberapa bidang di atas, pemerintah juga sepakat dengan fraksi-fraksi DPRD untuk meningkatkan bidang pariwisata, bidang infrastruktur, bidang industri ekonomi kreatif, bidang Tata Kelola Pemerintahan, bidang UMKM, mempermudah perizinan usaha dan memfasilitasi masyarakat dalam memperoleh hak-hak masyarakat,” paparnya.

Usai menyampaikan nota jawabannya, Wakil Bupati Oloan menyerahkan nota jawaban kepada Wakil Ketua I Marolop Manik.

Sebelumnya, Marolop Manik menyampaikan terima kasih kepada Bupati telah menyampaikan nota jawabannya.

“Selanjutnya untuk memberikan kesempatan kepada rapat gabungan komisi bersama pihak eksekutif untuk melakukan pembahasan, Selasa (7/9/2021). Dan kepada fraksi untuk menyusun pendapat akhirnya. Untuk itu, rapat diskors sampai Rabu (8/9/2021),” kata Marolop sembari mengetuk palu. (DS)