Bupati Samosir Tutup Karya Bhakti TNI di Bonan Dolok

Bupati Samosir Vandiko Gultom menandatangani prasasti pembukaan jalan Karya Bhakti TNI di Desa Bonan Dolok.

Samosir, Lintangnews.com | Bupati Samosir Vandiko Gultom bersama Danrem 023/KS, Kolonel Inf Febriel Buyung Sikumbang secara resmi menutup Karya Bhakti TNI di Desa Bonan Dolok, Kecamatan Sianjur Mulamula, Jumat (9/7/2021) kemarin.

Penutupan ditandai dengan penandatanganan dan serah terima atas diselesaikannya pekerjaan pembukaan jalan kegiatan Karya Bhakti TNI oleh Dandim 0210/TU, Letkol Czi Roni Agus Widodo kepada Bupati Samosir. Penandatanganan prasasti oleh Danrem dan Bupati dilanjutkan dengan peninjauan jalan yang telah dibuka.

Kol Inf Febriel Buyung Sikumbang mengatakan, pembukaan jalan itu sebagai wujud pengabdian, demi kesejahteraan masyarakat. Pembukaan jalan dapat terlaksana dengan baik berkat kebersamaan TNI/Polri dan masyarakat Desa Bonan Dolok.

“TNI selalu siap membantu pemerintah dalam pembangunan guna kesejahteraan masyarakat,” kata Danrem, seraya menghimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi Covid-19 ini.

Bupati Vandiko menyampaikan, Karya Bhakti TNI telah rampung seluruhnya untuk tahun 2021 di Kabupaten Samosir. Seperti pembukaan jalan Bonan Dolok-Hasinggahan yang dimulai pada 8 Juni lalu sepanjang 800 meter ditambah menjadi 900 meter atas permintaan warga. Pembangunan tembok penahan 655 meter, gorong-gorong 6 unit, saluran pasangan sepanjang 36 meter dan penggantian papan lantai jembatan 9,30 meter.

“Selain itu, kegiatan non fisik berupa penyuluhan/ pembelajaran pentingnya kesatuan berbangsa dan bertanah air , sosialisasi Keluarga Berencana, pemahaman hukum kepada masyarakat, pola hidup sehat dan penguasaan perekonomian kepada masyarakat Desa Bonan Dolok,” papar Vandiko.

Dia juga mengatakan, pembukaan jalan Bonan Dolok akan tetap berlanjut hingga membuka akses ke Kabupaten Dairi. Pembukaan akses jalan ini merupakan salah satu program 100 hari kerja Bupati Samosir.

Menanggapi keluhan warga, Vandiko menjanjikan akan menampung biaya hotmix jalan Bonan Dolok-Sagala di PAPBD disesuaikan dengan kemampuan anggaran. Khusus untuk Jembatan Siboro, Bupati meminta bantuan pada Dandim dan akan dibangun jembatan bally.

“Dengan demikian, maka Bonan Dolok-Hasinggahan, final akan terbuka dan berkembang sama dengan Desa lainnnya,” kata Vandiko.

D Sagala salah seorang warga Desa Bonan Dolok menyampaikan terima kasih atas pembangunan yang dilaksanakan. Pihaknya berharap kelanjutan pembangunan hotmix jalan Bonan Dolok- Sagala serta pembangunan Jembatan Sitapigagan.

Penutupan Karya Bhakti TNI itu juga dihadiri Wakapolres, Kompol Rahmad Affandi, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Samosir, Anggota DPR, Hinca Panjaitan dan Wakil Ketua DPRD Samosir. (Tua)