Bupati Simalungun: ASN 10 Hari Tak Masuk Kerja, Bisa Diberhentikan Langsung

Kartu SiKerja RHS-ZW yang dinilai membohong bohongi masyarakat Simalungun, karena tidak dimuat pada RPJMD Simalungun tahun 2021.

Simalungun, Lintangnews.com | Warning atau peringatan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Simalungun disampaikan Bupati, Radiapoh Hasiholan Sinaga seusai melantik 8 orang pejabat eselon II, bertempat di Balei Harungguan Djabanten Damanik, Senin (1/11/2021).

“Saya teringat ada pegawai kita tidak pernah masuk tapi dapat gaji. Dan sudah ada aturan, 10 hari tidak masuk kerja, bisa diberhentikan langsung,” tegas Radiapoh.

Menurutnya, boleh dipercaya boleh tidak, pasalnya. Janji politiknya pasca Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Simalungun tahun 2020 lalu, yakni Kartu Sikerja tidak dicatatkan pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Simalungun tahun 2021.

Lanjutnya, ini harus ditegasi. “Saya minta nanti di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing selaku sebagai stakeholder harus bisa menerapkan ini juga, bersinergi dengan sistem akan kami buatkan nantinya,” tukasnya.

Menurut Radiapoh, dirinya sedikit gaptek (gagap teknologi). “Kebetulan saya punya teman di Batam, di Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Ketika tidak hadir langsung itu muncul di sistemnya. Saya gak tau, saya juga agak sedikit gaptek ya,” terangnya.

“Kojo tak kojo, kasih sibu. Tetapi kita kedepan, akan membuat suatu konsep sistem basis kinerja. Ketika nanti ada ASN yang tidak menuruti peraturan, itu tetap ada semacam panisme,” paparnya.

Radiapoh menjabarkan, ketika ASN tidak masuk, langsung turun pendapatanya di Tambahan Pendapatan Pegawai (TPP) atau insentifnya. “Jadi kedepan kita harus seperti itu. Jangan ada lagi jam-jam kerja yang ASN nongkrong nongkrong di Jalan Cipto (Kota Siantar) dan warung-warung,” tukasnya.

Dia juga menegaskan, semua harus ada pencapaian dan target di setiap instansi. Menurut Radiapoh, per jam itu harus ada laporan pekerjaan..

“Saya melihat ada pegawai kita tidak pernah masuk tetapi dapat gaji. Dan sudah ada aturan, 10 hari tidak masuk kerja sudah bisa diberhentikan langsung,” tegasnya. (Zai)