Bupati Simalungun Pimpin Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia ke 75 Tahun

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga menyerahkan bendera merah putih pada pembawa baki, Yessy Gloria Girsang.

Simalungun, Lintangnews.com | Upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 tahun di Kabupaten Simalungun dipusatkan di halaman kantor Bupati Simalungun,  Pamatang Raya, Selasa (17/8/2021).

Sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati, Radiapoh Hasiholan Sinaga, bertindak sebagai Komandan Upacara, Kapten Inf Suwito (Danramil 07/Pasar Baru) dan Perwira Upacara, Kapten Inf Binsar Panjaitan (Pasiter Kodim 0207/Simalungun).

Petugas pengibar bendera terdiri dari pembawa baki, Yessy Gloria Girsang siswi SMA Negeri 1 Raya, pengibar bendera Samuel Eka Renold Sibuea siswa SMA Negeri 1 Plus Raya, Rizky Satria Wicaksana dari SMA Negeri 1 Siantar dan Janri Ermanda Sitopu SMA Negeri 1 Plus Raya.

Pembaca teks proklamasi oleh Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani dan doa dipimpin Kakan Kemenag, Sakoanda Siregar.

Sementara itu, peserta upacara terdiri dari barisan TNI,  Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tonsikrem 022/PT dan dihadiri Wakil Bupati, Zonny Waldi, Danrem 022/PT diwakili Kasrem, Letkol Inf Elri Priyanto, Kapolres Simalungun, AKBP Nicolas Dedy Arfianto, Ketua Pengadilan Negeri (PN), Vera Yetti Magdalena, Dandim 0207/SML diwakili Kasdim, Mayor Inf Fransisco Sidauruk, mewakili Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), Ratno Pasaribu dan Pj Sekda, Sudiahman Saragih.

Selanjutnya, para Staf Ahli Bupati, Asisten, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Simalungun, perwira TNI dan Polri, Ketua TP PKK, Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, Hidayah Herlina Gusti Zonny Waldi, pengurus PKK Simalungun dan undangan terbatas, serta menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Usia upacara, Bupati didampingin Wakil Bupati menyerahkan tanda kehormatan satya lencana karya satya masa kerja 10, 20 dan 30 tahun secara simbolis kepada 3 orang ASN.

Untuk tahun 2021, ASN Pemkab Simalungun yang menerima tanda kehormatan satya lencana karya satya sebanyak 100 orang, terdiri dari masa kerja 30 tahun 40 orang, masa kerja 20 tahun 30 orang dan masa kerja 10 tahun 30 orang.

Selanjutnya Bupati dan Wakil Bupati menyerahkan Surat Keputusan (SK) pangkat atas nama Radison Naibaho dari Kecamatan Silimakuta, SK pensiun atas nama Nursenti Purba dari SD Unggulan Pematang Raya dan SK berkala atas nama Ralin Malumta Purba dari Bappeda.

Bupati mengatakan, kemerdekaan ini merupakan hasil perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdakaan bangsa Indonesia dari penjajahan.

“Jadi apa yang kita nikmati hari ini adalah hasil dari pejuang yang telah gugur di medan juang dalam merebut kemerdekaan dari penjajahan. Untuk itu saya mengharapkan kepada masyarakat mari kita tanamkan rasa patriotisme, supaya amanah para pahlawan yang telah gugur di medan juang dapat diperjuangkan dan dirawat untuk sampai selama-lamanya,” ujar Radiapoh. (Rel/Zai)