Bupati Taput : Adanya Universitas Negeri Otomatis Investor Banyak Berpartisipasi

Bupati Taput, Nikson Nababan didampingi pimpinan OPD saat menggelar konfrensi pers.

Taput, Lintangnews.com | Untuk mewujudkan program Presiden Joko Widodo menjadikan Danau Toba menjadi Bali kedua di Indonesia, harus melalui pembenahan dan pengembangan tempat wisata di masing-masing daerah di kawasan Danau Toba.

Ini mencakup Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Toba Samosir (Tobasa), Samosir dan Humbang Hasundutan (Humbahas) di kawasan lingkar Danau Toba.

Kalau Presiden Jokowi  sudah meresmikan berdirinya Universitas Negeri di Tapanuli Raya, saya pastikan wisatawan domestik akan padati Danau Toba,” ujar Bupati Taput, Nikson Nababan saat konfrensi pers kepada sejumlah wartawan, Rabu (31/7/2019) di Hotel Esther Siborong-borong.

Nikson menuturkan, dengan berdirinya Universitas Negeri, otomatis investor akan banyak berpartisipasi dalam pengembangan wisata. Kata Nikson, ada 3 hal utama  untuk membangun satu daerah biar lebih maju yaitu, pendidikan, wisata dan investasi.

Ketiga hal utama tersebut saling berkaitan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik ke Danau Toba setiap tahunnya,” tegas Nikson.

Di sisi lain, dengan berdirinya universitas negeri akan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SD) sebagai penunjang Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba akan meningkatkan ekonomi mikro yang berakibat pada multi player efek.

“Kita juga akan ciptakan peradaban baru di Bumi Tapanuli melalui SDM yang bagus agar sifat radikalisme dan anti Pancasila perlahan-lahan terkikis dan hilang.

“Ini agar nantinya  banyak yang mau kuliah di Universitas Negeri, khususnya pelajar dari luar Tapanuli Raya. Efek dominonya sudah pasti meningkatkan pengunjung ke Danau Toba. Penumpang Bandara Internasional Silangit juga akan meningkat,” kata Bupati.

Nikson juga menuturkan, nama universitas itu nantinya bersifat umum dengan membuat beberapa fakultas. Dirinya mengharapkan, apabila universitas negeri sudah berdiri, para investor akan berlomba-lomba untuk berinvestasi di Tapanuli Raya.

“Tidak tertutup kemungkinan para investor ada yang mendirikan pabrik sepatu, pakaian dan lainnya. Ini jelas sudah berdampak besar dalam pengembangan wisata Danau Toba,” ungkap Nikson.

Dirinya berharap, pemerintah pusat mau membantu merealisasikan usulan agar cita-cita Jokowi menjadi Danau Toba sebagai Bali kedua dapat terwujud melalui pendirian universitas negeri di Tapanuli Raya.

“Kiranya anak-anak kuliah nantinya yang bisa kita harapkan menjadi wisatawan domestik di Danau Toba,” tegasnya. (pembela)