Bupati Taput Sebut Tak ada Warga Positif Virus Corona

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Taput, Nikson Nababan memberikan keterangan pada wartawan.

Taput, Lintangnews.com | Pemberitaan di salah satu media cetak di Sumatera Utara menyebutkan ada warga Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) positif terjangkit Covid-19 atau Virus Corona, akhirnya terbantahkan.

Ini sesuai keterangan dari Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Taput, Nikson Nababan, Rabu (8/4/2020). Bupati Taput ini membantah dengan tegas jika ada warga di daerah itu positif Virus Corona yang disebut di berita media cetak itu.

“Itu bukan warga Taput, melainkan warga Palembang, Provinsi Sumatera Selatan dan dirawat saat ini di salah satu Rumah Sakit (RS) di Kota Medan. Tetapi dia pernah singgah di Taput. Bahkan mengakui pernah kontak badan dengan 1 orang warga Taput dan Toba.

Nikson mengatakan, saat ini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Taput bekerja sama dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Toba untuk mencari kedua orang yang pernah berhubungan kontak dengan korban(namanya dirahasiakan).

“Saya menganjurkan masyarakat Taput, khususnya rekan wartawan jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan atau mendengar berita tanpa minta penjelasan dari kita,” paparnya.

Karena menurutnya, ini bisa berdampak negatif pada pisikologis warga Taput. Nikson juga mengajak agar mensosialisasikan pada warga dengan berita positif, akurat dan terpercaya.

“Sampai saat ini di Taput, Orang Dalam Pemantauan (ODP) bejumlah 102 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 1 orang,” sebut Nikson saat didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), Alek Gultom dan anggota Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Taput. (Gihon)