Bupati Tobasa Apresiasi 6.450 Batang Kopi Bantuan PT BDSN dan Perum Jasa Tirta I

Bupati Tobasa, Darwin Siagian saat memberikan kata sambutan.

Tobasa, Lintangnews.com I Bupati Toba Samosir (Tobasa), Darwin Siagian mengapresiasi bantuan bibit kopi sebanyak 6.450 batang kepada Kelompok Tani (Poktan) Desa Ombur, Kecamatan Silaen, Senin (18/11/2019), dalam upaya peremajaan kopi di daerah itu.

“Saat ini Tobasa gencar melakukan peremajaan kopi. Karena kopi yang ditanam masyarakat mayoritas sudah berumur 20 tahun, shingga hasil panen tidak maksimal lagi,” terang Darwin.

Lanjut Darwin, gencarnya terhadap peremajaan kopi, karena lahan yang ditanam petani di Tobasa seluas 1000 hektar. Artinya untuk per hektar nya diperlukan tanaman kopi sekitar 1000 batang. Untuk itu diperlukan 1.000.000 bibit batang kopi agar peremajaan maksimal.

Bupati menuturkan, upaya yang dilakukan Pemkab Tobasa di tahun 2019 ini, telah membagikan kepada masyarakat sebanyak 100.000 batang benih unggul kopi, ditambah dari Kementrian 150.000.

Untuk tahun berikutnya akan diupayakan 180.000 batang kopi dan semoga Kementrian tetap memberikan 150.000 batang lagi.

“Sehingga 5 tahun kedepan peremajaan tanaman kopi petani di Tobasa dapat teratasi secara maksimal. Ini guna peningkatan ekonomi petani kopi,” kata Darwin.

Menurutnya, yang dilakukan PT Bajra Daya Sentra Nusa (BSDN) dan Perum Jasa Tirta (PJT) I dengan pemberian bibit kopi di Desa Ombur, sudah membantu percepatan peremajaan kopi di Tobasa.

“Diharapkan kepada penerima benih kopi agar merawat dan memberi pupuk secara berkala agar mendapatkan hasil panen yang maksimal,” saran Darwin. (asri)