Bupati Tobasa : Bursa Inovasi Desa Sebagai Program Pembangunan Tepat Sasaran

Bupati Tobasa, Darwin Siagian saat memberikan kata sambutan.

Tobasa, Lintangnews.com | Sebanyak 46 butir menu inovasi bursa bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) dipaparkan dalam pertemuan program inovasi desa yang dipimpin Bupati Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) Darwin Siagian di Gedung Serbaguna HKBP Balige, Selasa (30/10/2018).

Seperti disampaikan Bupati Tobasa, Darwin Siagian dalam sambutannya, pertemuan ini mendidik bagi seluruh Kepala Desa (Kades) dan Perangkatnya untuk meningkatkan potensi di Desa,untuk mempercepat pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan menu inovasi bursa desa sebanyak 231 Desa di Tobasa akan lebih memahami potensi apa yang lebih perioritas, sehingga mampu meningkatkan ekonomi rakyat agar terlepas dari garis kemiskinan,” tegasnya.

Ditambahkan Bupati, Kades harus melihat sesuai spesifikasi desa, misalnya pembangunan  yang sudah ada dan didanai APBN dan APBD jangan lagi ditumpang tindihkan.

“Bukannya lebih bagus jika satu desa berpotensi dengan tumbuhan kopi, maka Kades melakukan pengembangan tanaman kopi, pengolahannya dan pemasaran produk jadi kopi melalui BUMDES, bekerjasama dengan dinas terkait. Sehingga nantinya tidak ada anggapan uang Desa hanya dipakai untuk yang tidak prioritas,” pungkas Bupati.

Terpisah Kadis PMD, Henry Silalahi, menjelaskan kegiatan, pogram inovasi desa didanai dari Kementerian Desa (Kemendes) yang disalurkan melalui dana operasi kegiatan di 16 Kecamatan di Tobasa,” sebutnya. (asri)