Bupati Tobasa Sebut Gateball akan Dijadikan Agenda Tahunan Seperti Karnaval Pesona Danau Toba

107
Bupati Tobasa, Darwin Siagian saat memberikan kata sambutan.

Tobasa, Lintangnews.com | Bupati Toba Samosir (Tobasa), Darwin Siagian dan Wakil Bupati Hulman Sitorus bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menjamu makan malam peserta Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Gateball ke IV dari 27 Provinsi di lapangan rumah dinas Bupati, Senin (28/10/2019).

Dalam sambutannya, Darwin Siagian menyampaikan terima kasih atas antusiasnya peserta dari 27 Provinsi menghadiri Kejuaraan Gateball di Tobasa. Dirinya berharap, semoga peserta menikmati suasana alam di Tobasa.

“Kejuaraan ini akan menjadi piala Bupati Tobasa dan merupakan even tahunan. Ini akan menjadi agenda tahunan seperti pelaksanaan Karnaval Pesona Danau Toba (KPDT),” paparnya.

Melalui event ini, Bupati menuturkan. dipastikan akan meningkatkan pariwisata di Tobasa. Darwin menuturkan, Kejuaraan Gateball yang berlangsung saat ini menghadirkan peserta kurang lebih 1000 orang, tentunya berdampak bagi pelaku wisata, terlebih perhotelan.

“Peserta Gateball yang hadir, tentu akan mempromosikan keindahan Danau Toba bentukan Kaldera Gunung Berapi. Dampaknya akan meningkatkan kunjungan wisata kita, dengan demikian akan meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata,””pungkas Darwin.

Terpisah, salah seorang peserta dari Provinsi Gorontalo, Yusran mengaku takjub dengan keindahan alam Danau Toba, khususnya Tobasa yang memiliki pantai cukup landai, seperti Lumban Bulbul. Ini termasuk sambutan yang diberikan tuan rumah Pemkab Tobasa.

“Kendati kami dari wilayah Indonesia Timur dengan cuaca panas, harus beradaptasi dalam menyesuaikan keadaan cuaca dingin. Namun kondisi cuaca yang dingin tidak menghambat rasa takjub dengan keindahan Danau Toba,” paparnya.

Yusran menuturkan, semua pihak harus menjaga dan melestarikan kekayaan alam Danau Toba, khususnya Tobasa, ehingga mampu menyerap wisatawan untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

“Potensi yang dimiliki untuk sebuah tujuan wisata di Danau Toba sudah lengkap. Tinggal bagaimana meningkatkan pelayanan dan promosi agar disenangi dan diketahui masyarakat luas. Untuk itu perlu perhatian dengan sinergitas masyarakat dan pemerintah dalam memajukan pariwisata ini,” saran Yusran. (asri)