Danlantamal I Belawan Hadiri HUT ke 75 Jalasenastri

Foto bersama dalam perayaan HUT Jalasenastri ke 75.

Belawan, Lintangnews.com | Acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Jalasenastri (Organisasi Istri Prajurit TNI Angkatan Laut) dilaksanakan Korcab I Daerah Jalasenastri Armada (DJA) I tahun 2021 di Aula Yos Sudarso Belawan, Jumat (27/8/2021).

Kegiatan itu dihadiri Komandan Lantamal I Belawan, Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono bersama Ketua Korcab I DJA I, Ita Achmad Wibisono.

Berbagai kegiatan menjelang acara puncak HUT Jalasenastri telah dilaksanakan Korcab I DJA I. Antara lain, lomba desain kebaya modern, peragawati, konsultasi penyuluhan kesehatan anak dan membuat kalung etnik.

Selanjutnya, donor darah, pemberian tali asih kepada tenaga kesehatan (nakes) Lantamal I Belawan, kunjungan sosial, melaksanakan silaturahim pada Ketua Korcab I DJA I dari masa ke masa, ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, serta olahraga bersama.

Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan Korcab I DJA I bertujuan mempererat silaturahmi dan meningkatkan kebersamaan antara pengurus dengan anggota, serta seluruh prajurit TNI AL Lantamal I Belawan di masa pandemi Covid-19. Kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Sambutan Ketua Umum Jalasenastri, Veronica Yudo Margono yang disampaikan Ita Achmad Wibisono mengatakan, Jalasenastri pada tahun ke 75 ini bukan lah waktu yang singkat.

Menurutnya, ini merupakan perjalanan panjang pengabdian Jalasenastri yang telah turut berperan dalam upaya membantu meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI Angkatan Laut beserta keluarganya.

“Ini karena Jalasenastri sebagai organisasi sosial tetap konsisten meningkatkan kepedulian sosial baik di bidang pendidikan, budaya, kesehatan dan ekonomi,” sebutnya.

Sambutan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Pembina Utama Jalasenastri yang dibacakan Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono menuturkan, peringatan HUT kali ini dalam masa pandemi Covid-19 yang telah berdampak pada tatanan kehidupan sosial bermasyarakat.

“Karena itu kita wajib mendukung kebijakan pemerintah dan melindungi diri serta keluarga, dengan disiplin menerapkan prokes,” paparnya.

Danlantamal menuturkan, sejarah terbentuknya Jalasenastri pada masa perjuangan kemerdekaan adalah atas dasar rasa senasib sepenanggungan dan seperjuangan di kalangan para istri anggota TNI AL pada saat itu, untuk membantu perjuangan suami yang berada di garis depan, serta memelihara dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Organisasi Jalasenastri memiliki visi untuk mewujudkan istri TNI AL yang berbudi, Setia dan mandiri dengan membangun keluarga berakhlak dan santun, dalam membina keluarga sehat, serta membentuk keluarga berkarakter kuat yang dilandasi oleh Ketuhanan Yang Maha Esa,” sebutnya. (Idris)