Debit Air PDAM Tirtauli di Umbul Nagahuta Turun Drastis

Air di bak penampungan Umbul Nagahuta turun drastis.

Siantar, Lintangnews.com | Rendahnya curah hujan di wilayah Umbul Nagahuta 1, 2 dan 3 yang berada di  Panombeian Panei, Kabupaten Simalungun beberapa bulan terakhir, membuat debit air untuk memenuhi kebutuhan pelanggan PDAM Tirtauli Kota Siantar terganggu.

Situasi diperparah oleh musim panen di wilayah tersebut. Ini membuat ribuan hektar areal persawahan tidak dialiri air, sehingga air tanah belum terisi kembali.

Humas PDAM Tirtauli, Rosliana Sitanggang menuturkan, saat pengukuran air di bak penampungan yang dilakukan pada Senin (13/5/ 2019), terlihat ketinggian air tinggal 29 cm, dimana kondisi normalnya adalah 40 cm. Dan kondisi ini hampir sama dengan tahun 2011, dimana saat itu air tidak mengalir lagi dari Umbul Nagahuta 1 dan 2.

“PDAM Tirtauli berharap kejadian tahun 2011 tidak terulang. Dengan kita mengupayakan perawatan mata air, dan berharap hujan turun di daerah tangkapan air tersebut, juga musim tanam semoga segera dimulai,” ungkap Rosliana, Kamis (16/5/2019).

Adapun pelanggan yang aliran air ke rumahnya terganggu akibat dampak dari debit yang menurun drastis ini, yakni pelanggan di wilayah Kelurahan Bah Kapul, Bah Sorma, Setia Negara, Bukit Sofa dan sebagian di Bantan, dimana air menjadi tidak mengalir 24 jam.

PDAM Tirtauli akan melakukan pengalihan aliran dari sumber air lain untuk membantu daerah tersebut, dan akan memberikan pelayanan mobil tangki secara gratis.

Rosdiana juga menghimbau pelanggan yang mengalami gangguan air agar menampung air pada saat air mengalir, sebagai persediaan saat terjadi gangguan.

Untuk kelompok pelanggan yang membutuhkan layanan mobil tangki gratis bisa menghubungi ke nomor layanan pelanggan  0622-24017 dan 08116064448. (elisbet)