Delapan Orang Kesatria Pelindung Samudera Terima Arahan dari Danlantamal I Belawan

Danlantamal I Belawan, Laksmana Pertama TNI Achmad Wibisono menyampaikan arahannya.

Belawan, Lintangnews.com | Sebanyak 8 orang Perwira Satuan Kapal Patroli (Satrol) TNI AL Lantamal I menyandang sebagai Komandan Kapal Perang Indonesia (KRI) dan Kapal Angkatan Laut (KAL) mendapat arahan dari Komandan Lantamal I Belawan, Laksmana Pertama TNI Achmad Wibisono didampingi Komandan Satuan Kapal Patroli, Kolonel Laut (P) Muhammad Dimmi Qumry, Selasa (21/9/2021).

Ini sesuai dengan logo Lantamal I Belawan ‘Pargomgom Samudora’ (Kesatria Pelindung Samudera), sehingga harus memiliki eksistensi dalam mengembang tugasnya di laut untuk menciptakan keamanan, terutama di Selat Malaka yang menjadi wilayah operasi TNI AL Lantamal Belawan.

Danlantamal menyampaikn, Selat Malaka merupakan jalur yang padat dengan kapal-kapal yang melintas antar Negara, sehingga cukup mendapat perhatian dunia internasional.

Menurutnya, kondisi Perairan Selat Malaka yang aman dari para pelaku kejahatan di laut adalah hal yang diinginkan pelaku pengusaha perkapalan atau pelayaran.

“Salah satu tugas dan fungsi Lantamal I Belawan adalah bertugas melaksanakan patroli keamanan laut untuk menciptakan kondisi pelayaran yang aman dan tertib dari gangguan berupa perompakan, penyelundupan, pencurian Sumber Daya Alam (SDA), serta tindak pidana lainnya,” sebut Laksmana Pertama TNI Achmad

Perwira Kesatria Pelindung Samudera saat ini yang menjabat sebagai Komandan KRI Karotang-872, Mayor Laut (P) Andromeda Windra Ciptadi MA, Komandan KRI Sigalu-857, Mayor Laut (P) Arief Setyawan, Komandan KRI Siliman-848,  Mayor Laut (P) Mahendra dan Komandan KRI Siada-862, Mayor Laut (P) Eddi Julmasri Sitepu.

Berikutnya, Komandan KAL Viper I-1-63, Mayor Laut (P) Pitrajaya Burnama, Komandan KAL Siba I-1-65, Mayor Laut (P) Syaikful Rokhman, Komandan KAL Tarihu I-1-64, Mayor Laut (P) Jose Rizal dan Komandan KAL BOA I-1-62 Kapten Laut (P) Edufree Hutabarat. (Idris)