Didukung Humatob Siantar, Asner Silalahi: Kebudayaan Lokal akan Menjadi Daya Tarik Wisata

Calon Wali Kota, Asner Silalahi bersama istri dan pengurus Humatob Siantar.

Siantar, Lintangnews.com | Sebagai Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar yang diusung semua partai politik (parpol), Asner Silalahi-Susanti Dewayani tetap meminta doa restu dan dukungan dari masyarakat.

Sebagai paslon tunggal di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Siantar, Asner-Susanti tetap menyampaikan program kerjanya kepada masyarakat dalam berbagai cara.

Untuk pemungutan suara pada 9 Desember, Asner mengajak masyarakat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna menyampaikan hak pilihnya secara demokrasi.

Hal ini disampaikan Asner saat mendapatkan dukungan dan doa dari keluarga besar DPD Himpunan Masyarakat Toba (Humatob) Kota Siantar, Senin (19/10/2020) di kediamannya, Jalan Sidamanik, Kecamatan Siantar Selatan.

Acara yang dimotori para pendiri Humatob diawali dengan pemberian Dekke Simudur udur (sesuai adat Batak Toba), dilanjutkan penyematan ulos kepada Asner dan istri Boru Sihombing. Terakhir makan malam bersama serta ramah tamah.

Ketua Badan Pendiri Humatob, Kanor Butarbutar (Grogol) menegaskan, pemberangkatan ini murni datang dari keluarga besar Humatob dan sebagai bukti perwujudan dan kekompakan dari masyarakat etnis Toba, yang ikut berperan aktif dalam langkah menyukseskan Pilkada Serentak 2020.

Untuk itu, Kanor mengharapkan semua pengurus dan anggota Humatob agar bahu membahu dan menjaga kekompakan.

Hal ini disampaikannya didampingi para Dewan Pendiri Lainnya, seperti Ronald Darwin Tampubolon (Wakil Ketua DPRD Kota Siantar), Miduk Panjaitan dan Ladon Simanjuntak yang saat ini menjabat Ketua Satgas DPD Humatob Siantar.

Sementara Ketua Humatob, Sakti Sihombing mengatakan, sudah kewajiban Humatob untuk menjaga dan mensukseskan Pilkada Serentak 2020.

“Apalagi terkhusus untuk Siantar hanya diikuti satu paslon saja, yakni Asner Silalahi dan Susanti Dewayani. Ini harus kita jaga dan rawat kepercayaan itu kepada masyarakat,” ujarnya.

Sakti meminta keluarga besar Humatob bekerja keras dan bersatu padu untuk melakukan atau menunjukkan perbuatan yang baik kepada suku manapun sebagai jati diri.

“Kita harus tunjukkan bahwa masyarakat Toba adalah orang-orang yang baik, cerdas, dan mampu menjadi pengayom dimana pun berada,” kata Sakti.

Ia berharap apa yang baik dipupuk dan dijaga selalu. “Meskipun orang Batak Toba terkenal dengan sikap keras dan pekerja kerasnya, tetapi kita harus selalu hidup rukun dan damai kepada suku-suku lain. Termasuk menunjukkan keteladanan dalam kehidupan ini,” tambahnya.

Sakti juga berpesan kepada pengurus agar menjaga sikap dan tutur kata di kehidupan sehari-hari, jangan sampai menyinggung perasaan orang lain.

“Kita harus tunjukkan Humatob itu adalah wadah untuk menjadi panutan dalam kehidupan organisasi, setia kawan dan menjaga kekompakan. Apalagi yang maju ini adalah salah satu Dewan Pembina DPD Humatob Siantar,” pungkasnya.

Sementara Asner mengaku, semangatnya bertambah dan semakin termotivasi untuk menyapa masyarakat. Asner mengatakan, kebersamaan setiap suku harus dipupuk dan penting dalam mewujudkan pembangunan.

“Saya telah membuat program-program untuk memajukan budaya lokal di Siantar. Kami juga akan menjadikan kebudayaan lokal ini menjadi salah satu daya tarik wisata. Kita lihat banyak sejarah di kota ini. Mulai sejarah pendiri Siantar, Raja Sangnaualuh Damanik,” terangnya.

Untuk Pilkada 2020 ini, Asner menegaskan, mereka telah membuat program dan visi misi yang akan ditawarkan kepada masyarakat Siantar.

“Karena Pilkada itu adalah memilih pemimpin. Berarti ada orangnya kan?Jadi kepada masyarakat Siantar, datang lah ke TPS dengan hati nurani agar kita bisa menentukan Siantar ini untuk 5 tahun mendatang,” pungkasnya. (Elisbet)