Dikawal TP4D, Proyek Parit Pasangan Baru sudah Ambruk di Pamatang Sidamanik

Proyek parit pasangan baru yang selesai dikerjakan dan sudah ambruk di di Jalan Besar, Kecamatan Pamatang Sidamanik.

Simalungun, Lintangnews.com |  Diduga akibat minimnya pengawasan, masih hitungan minggu rampung dikerjakan, proyek parit pasangan di Jalan Besar, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Kabupaten Simalungun sudah tumbang hingga sekira puluhan meter panjangnya.

Sementara menurut warga, R Sinaga, parit pasangan itu merupakan proyek Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Simalungun. Ini merupakan paket peningkatan jalan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2018.

“Parit pasangan ini merupakan proyek Dinas PUPR dan paket peningkatan jalan ini. Sayangnya, baru beberapa pekanan rampung dikerjakan, sudah ambruk dan sebagian lantainya kupak kapik,” kata Sinaga.

Seingat mereka, jika sumber anggaran kegiatan dimaksud dari DAK sebesar Rp 7 miliaran. Sementara pelaksana proyek ini kabarnya dari Binjai Kabupaten Langkat dan katanya orang Karo.

Kondisi lantai parit pasangan yang sudah mengalami kerusakan.

“Kalau tak silap, tertera pada plang proyek itu dulunya ada di sekitar persimpangan Puskesmas. Kegiatan itu dikawal Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun. Kemungkinan itu kurang pengawasan dan akibatnya seperti ini,” tukasnya.

Menurut pria bertubuh tinggi, kulit hitam manis, mirip salah satu bintang film Bollywod  itu, penyebab lainnya karena campuran perekat antara semen dan pasir lebih didominasi pasir.

Akibatnya, dinding parit pasangannya mudah amruk. Bahkan dari ambruknya dinding parit pasangan terungkap tidak memiliki pondasi dan ketebalan lantainya pun diragukan.

“Kalau tak silap, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kegiatan itu bernama Nalom Pangaribuan. Orangnya bertubuh gempal dan kulitnya hitam seperti saya. Itu terlihat saya saat turun bersama TP4D,” ungkap Sinaga. (zai)