Dinas Kopenaker Humbahas Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan Dinas Koperasi, Perdagangan dan Tenaga Kerja Pemkab Humbahas.

Humbahas, Lintangnews.com | Dinas Koperasi, Perdagangan dan Tenaga Kerja (Kopenaker) Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas) adakan pelatihan berbasis kompetensi terhadap 4 jenis kompetensi.

Yakni, pelatihan menjahit pakaian dewasa, tata boga, pengolahan hasil pertanian dan junior stylist.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kopenaker, Kristison Marbun kepada awak media, Rabu (10/8/2022) menjelaskan, pelatihan diadakan Balai Latihan Kerja Balai Besar pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan bekerja sama dengan pihaknya.

Keempat pelatihan itu dilaksanakan di kantor Dinas Kopenaker, komplek Perkantoran Bukit Inspirasi. Dimana setiap bidang kompetensi memilik 16 orang peserta.

“Untuk setiap pelatihan pesertanya 16 orang.Kompetensi menjahit pakaian dewasa dan tata boga dilaksanakan selama 33 hari. Sementara pengolahan hasil pertanian selama 18 hari dan junior stylist 23 hari,” ujar Kristison.

Dia juga mengatakan, pelatihan tersebut dibuka sejak tanggal 1 Agustus lalu dan saat ini sedang berlangsung. Menurutnya metode pelatihan yang dilaksanakan meliputi teori, praktik, diskusi tanya jawab dan evaluasi oleh tim BBPLK Medan.

Ada pun tujuan dan harapan pelaksanaan pelatihan ungkap Kristison, guna melatih tenaga kerja yang sedang menganggur atau mencari pekerjaan untuk menjadi tenaga kerja kompeten di bidangnya maupun sebagai wirausaha.

Harapannya kedepan, setelah selesai pelatihan tersebut, peserta dapat bekerja secara kompeten dibidangnya, maupun membuka lapangan pekerjaan dan wirausaha baru guna menekan angka pengangguran di Kabupaten Humbahas.

“Harapan kita bagi para peserta kedepan setelah dari pelatihan ini bisa menjadi tenaga kerja yang kompeten, atau membuka lapangan kerja baru maupun wirausaha baru untuk menekan angka pengangguran di Humbahas,” sebut Kristison. (JS)