Dinas Lingkungan Hidup Siantar Gelar Lomba Pengetahuan Lingkungan Hidup

Wali Kota Siantar Hefriansyah bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pematangsiantar Dedy Tunasto Setiawan SH foto bersama Juri perlombaan. (elisbet/LN)

Siantar, Lintangnews.com | Dinas Lingkungan Hidup Pemko Siantar menggelar lomba pengetahuan lingkungan hidup tingkat SD, SMP dan SMA sederajat di Balai Rahmat Shah Taman Hewan Pematangsiantar, Selasa (3/9/2019).

Kegiatan itu dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia dan diikuti siswa-siswi yang berasal dari 48 sekolah.

Wali Kota, Hefriansyahdalam sambutannya mengatakan, sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2009 tentang Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup menyatakan setiap orang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat, sebagai bagian dari hak azasi manusia.

“Dengan kata lain, kita yang hadir di sini berhak atas lingkungan yang baik dan sehat. Untuk mewujudkan lingkungan yang baik dan sehat, merupakan kewajiban dan tanggung jawab semua pihak, baik itu pemerintah, swasta, masyarakat, industri, termasuk pelajar atau mahasiswa,” terangnya.

Menurutnya, thema Hari Lingkungan Hidup Dunia Tahun 2019 adalah ‘Kendalikan Polusi Udara’. Sedangkan thema secara nasional, yakni ‘Biru Langitku, Hijau Bumiku’.

Thema tersebut, kata Hefriansyah, merupakan upaya untuk mengendalikan polusi udara yang berkaitan dengan upaya menata bumi menjadi lebih hijau, yaitu adanya keseimbangan pemanfaatan ruang dengan fungsi ruang terbuka hijau.

“Khusus kepada siswa-siswi peserta lomba, mari manfaatkan kesempatan ini untuk menambah wawasan serta kesadaran untuk mendukung gerakan pengendalian polusi udara. Mari kita dukung program Sekolah Adiwiyata, yaitu gerakan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang juga Panitia Pelaksana, Dedy Tunasto Setiawan menyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk mengajak semua termasuk siswa-siswi peserta lomba ikut serta dalam upaya mengendalikan polusi udara yang berkaitan dengan upaya menata bumi menjadi lebih hijau.

Perlombaan pengetahuan lingkungan hidup tingkat SD/sederajat diikuti 16 sekolah, tingkat SMP/sederajat 15 sekolah dan SMA/sederajat 17 sekolah. Sedangkan tim penilai (juri) dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara, Dinas Pendidikan (Disdik) Siantar, Balai Pendidikan dan Pelatihan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siantar, Universitas Simalungun (USI) dan pegiat lingkungan hidup dari Taman Hewan Pematangsiantar.

Kegiatan juga dihadiri Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Happy Oikumenis Daely, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Kepala Sekolah (Kepsek), guru pembimbing, tim juri dan pelajar.

Untuk juara perlombaan tingkat SD yakni, juara I SD Swasta YPHI, juara II SD Sultan Agung, juara III SD Kalam Kudus II, juara harapan I SD Kalam Kudus, juara harapan III SD MIN Siantar dan juara harapan III SD Budi Mulia II.

Sementara untuk tingkat SMP yakni, juara I SMP Kristen Kalam Kudus, juara II SMP Sultan Agung, juara III SMP Muhamadiyah, juara harapan I SMP YP Keluarga, juara harapan II SMP Metodhist dan juara harapan III SMP Cinta Rakyat 1

Sedangkan untuk tingkat SMA yakni, juara I SMA Kalam Kudus, juara II SMA Budi Mulia, juara III SMAN 1 Siantar, juara harapan I SMA Sultan Agung, juara harapan II SMA Seminari dan juara harapan III SMAN 6 Pematangsiantar. (Elisbet)