Dinas PMDP2A Humbahas Sosialisasi dan Kukuhkan Pengurus PATBM

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan Kadis PMDP3A Humbahas, Binsar Marbun.

Humbahas, Lintangnews.com | Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perlindungan Perempuan dan Anak (PMDP2A) Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas), Binsar Marbun laksanakan kegiatan sosialisasi dan pengukuhan pengurus Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di Desa Parulohan, Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbahas, Selasa (9/8/2022).

Kegiatan itu menghadirkan perwakilan dari tokoh masyarakat dan pemuda setempat, perangkat desa, Polres Humbahas diwakili Briptu Rajendo Pranoto selaku penyidik unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satuan Reskrim, Kejari Dolok Sanggul diwakili Andy Labanta Roh Manik selaku jaksa fungsional.

Binsar mengatakan, tingkat tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak dapat ditekan lewat kepedulian melalui budaya-budaya yang turun temurun dari leluhur, keimanan serta tingkat pendidikan ditengah-tengah masyarakat.

“Kekerasan itu bisa dicegah melalui nasihat-nasihat leluhur. Kalau di kita Batak namanya Poda, selanjutnya dengan iman terhadap Tuhan dan tingkat pendidikan masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Menurut Binsar, selama ini jika ada korban kekerasan ingin melapor, apalagi masyarakat yang bertempat tinggal jauh dari kantor Dinas PMDP2A atau kantor penegak hukum sangat kesulitan, akibat tidak adanya pendampingan dari pihak-pihak di Desa masing-masing.

Melalui terbentuknya PATBM ini dirinya berharap, para korban kekerasan yang ingin melapor dapat terbantu melalui pendampingan PATBM.

PATBM kata Binsar, harus dapat menjadi unit reaksi cepat yang mewakili pemerintah guna mencegah, menyelesaikan dan meminimalisir tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di Desa.

“Jadi dengan adanya terbentuk PATBM ini, masyarakat dapat pendampingan dari para pengurusnya, namun tentu kita tidak mengharapkan ada kejadian-kejadian kekerasan di Desa,” ujar Binsar.

Kepala Desa (Kades) Parulohan, Hotma Lumbantoruan mengapresiasi kegiatan tersebut. Pihaknya juga akan memberikan atensi khusus terhadap pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di Desa tersebut.

“Saya mewakili masyarakat Desa Parulohan bersyukur dan mengapresiasi kegiatan ini. Pemerintah Desa (Pemdes) akan memberi atensi penuh guna mencegah tindakan-tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak,” kata Hotma. (JS)