Mencalon Direksi PDAM Tirta Lihou, Berliana Napitu Tanpa Ijin Dirut Perumda Tirtauli

Anggota DPRD Simalungun, Bernhard Damanik.

Simalungun, Lintangnews.com | Berliana Napitu disebut mencalonkan diri sebagai Direksi PDAM Tirta Lihou Kabupaten Simalungun periode 2022-2026 tidak lebih dulu memperoleh ijin dari Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirtauli Kota Siantar.

Hal itu disampaikan Bernhard Damanik selaku anggota DPRD Simalungun di sela -sela mengikuti rapat Badan Anggaran (Banggar) KUA dan PPAS R-APBD Simalungun tahun anggaran (TA) 2023 di Pematang Raya, Rabu (10/8/2022).

“Informasi yang kita dapatkan, Berliana Napitu tidak ada permisi atau minta ijin kepada Dirut Perumda Tirtauli. Dia kan masih menjabat pasca mencalonkan diri. Karena belum berakhir masa itu,” tegas Bernhard.

Disinggung apakah menjadi keharusan bagi Berliana memperoleh ijin dari Dirut Perumda Tirtauli, menjadi persyaratan utama penerimaan pencalonan oleh Panitia Seleksi (Pansel) Calon Direksi PDAM Tirta Lihou, Bernhard mengaku, kurang mengetahuinya.

“Ya itu lah kita yang belum tau apa yang dilakukan Pansel. Karena itu sebenarnya kita akan memanggil Pansel. Namun waktu kita sangat mepet dalam pemanggilan itu. Kalau pun akan dilantik, akan mempertanyakan ketika melakukan pertemuan dengan ketiga Direktur itu, karena waktu itu kita di Komisi III,” imbuh Bernhard.

Mengenai apakah kewajiban memintai persetujuan DPRD sebelum ketiga Direktur dilantik oleh Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, menurut Bernhard itu hak Ketua DPRD.

“Kalau persoalan persetujuan, menurut kita itu hak daripada Ketua DPRD. Saat itu kan partai pengusung dibawa oleh Partai Golkar, Ketuanya adalah Timbul Jaya Sibarani. Dan Timbul Jaya saat ini adalah Ketua DPRD. Kita tidak tau bisik-bisik mereka,” tukasnya.

Terpisah, Berliana Napitu belum bersedia dikonfirmasi terkait hal itu, meskipun pesan singkat dilayangkan terceklis dua.

Diketahui Pemkab Simalungun melalui Pansel melaksakan seleksi pencalonan Direksi PDAM Tirta Lihou periode 2022-2026. Terpilih, Dodi Ridowin Mandalahi sebagai Dirum, Berliana Napitu sebagai Direktur Teknik (Dirtek) dan Hetty Berliana Damanik selaku Direktur Umum (Dirum).

Diketahui, pengumuman hasil akhir dari seleksi oleh Bupati Simalungun itu langsung diberitahukan melalui status resmi Pemkab Simalungun, Jumat (15/7/2022). (Zai)