Dinas PP dan KB Siantar Laksanakan Operasi KB Gratis

Wali Kota Hefriansyah bersama Ketua TP PKK , Syahputri Hefriansyah dan Kepala Dinas PP dan KB, Rumondang Sinaga saat bertemu dengan sejumlah warga dalam operasi KB.

Siantar, Lintangnews.com | Dalam rangka mensukseskan program Keluarga Berencana (KB) di Kota Siantar, Wali Kota, Hefriansyah langsung turun menemui 80 orang warga yang ikut dalam program Operasi KB gratis Tubektomi.

Seperti diketahui, Tubektomi merupakan pemotongan saluran indung telur, sehingga sel telur tidak bisa memasuki rahim untuk dibuahi. Tubektomi bersifat permanen. Walaupun bisa disambungkan kembali, namun tingkat fertilitasnya tidak akan kembali seperti sediakala. Tubektomi adalah salah satu alternatif KB.

Dalam kesempatan itu, Hefriansyah meninjau langsung program operasi KB gratis yang digelar Pemko Siantar melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinas PP dan KB) didampingi Ketua TP PKK, Syahputri Hefriansyah Jumat (21/9/2018).

Amatan wartawan, sebanyak 80 orang warga tampak antusias menunggu proses operasi di salah satu ruangan di RSUD Djasamen Saragih.

Di sela-sela meninjau proses operasi, Wali Kota Hefriansyah berbincang langsung dengan sejumlah ibu-ibu yang akan mengikuti operasi.

Wali Kota Hefriansyah bersama ibu-ibu peserta KB.

Dalam hal itu, Wali Kota berpesan agar pelaksanaan dapat berjalan dengan baik. Dia mengaku, mendukung program yang memajukan program KB di Siantar.

Sementara itu, Kepala Dinas PP dan KB, Rumondang Sinaga menyampaikan, pasien yang mengikuti program sekitar 80 orang dari 8 Kecamatan se Kota Siantar.

Ia mengungkapkan, program ini kali pertama dilakukan di era Wali Kota Hefriansyah dengan pelayanan secara  gratis. Rumondang berharap, adanya kesadaran masyarakat untuk mesukseskan program KB.

Seperti diketahui, kegiatan ini merupakan program pelayanan MOW (Mini Operasi Wanita) Tubektomi. Program ini dari Dinas PPKB Siantar.

Hadir dalam acara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pemko Siantar, Ronald Saragih, Direktur RSUD Djasamen Saragih, Susanty Dewayani dan sejumlah Kader KB Siantar. (elisbet)