Dinas SDA dan Konsultan Survei Pembuatan Bronjong di Negeri Lama Labuhanbatu

Labuhanbatu, Lintangnews.com | Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Sumatera Utara dan Konsultan survei pembangunan bronjong di aliran Sungai Bilah tepatnya Perumahan Warga Negeri Lama, Kabupaten Labuhanbatu, Selasa (3/12/2019).

IKLAN

Ahmad Parlaungan didampingi Zainal Arifin dan Konsultan M Faisal ketika ditemui di lokasi pembangunan bronjong mengatakan, survei ini untuk meninjau kembali daerah yang rawan longsor akibar gerusan air Sungai Bilah yang semakin lama akan amblas atau longsor.

Ini berdampak fatal pada rumah warga yang berada di pinggiran Sungai Bilah, tepat di Kota Negeri Lama.

“Diperkirakan nantinya akan kita bronjong lebih kurang sepanjang 300 meter. Konsultan juga kita bawa sebagai pembuktian yang akurat untuk disampaikan ke pimpinan,” terang Ahmad.

Lanjutnya, survei ini berdasarkan laporan masyarakat dan permohonan Pemkab Labuhanbatu yaitu Bupati, Andi Suhaimi Dalimunthe tentang pinggiran Sungai Bilah di Negeri Lama semakin erosi dan akan merobohkan bangunan warga.

Sementara M Faizal menuturkan, jika tidak cepat ditangani, maka rumah warga akan roboh dibawa aliran Sungai Bilah.

Pihaknya akan memberdayakan masyarakat agar nanti saat pembangunan apabila ada terkena bangunan atau dibutuhkan bantuan dalam peletakan batu atau besi material sementara untuk sama-sama menjaga. Ini mengingat lokasinya sempit.

“Lebih kurang 300 meter yang akan kita bangun bronjong. Pengamatan kami, hempasan arus air Sungai Bilah sangat deras, tepatnya di sekitar perumahan warga di Negeri Lama. Ini lah yang dahulu kita kerjakan sebelum ada korban. Insya Allah secepatnya kita kerjakan,” sebut Faizal.

Muhammad Yusuf Ritonga selaku Pimpinan Kecamatan Partai Golkar Bilah Hilir menyampaikan terima kasih dan semoga dipercepat pembangunan sebelum ada korban jiwa atau materi. Ini mengingat kondisi pinggir aliran sungai sudah sebagian amblas atau erosi. Sehingga dibutuhkan bangunan atau pembuatan bronjong untuk menghadang hempasan arus air yang cukup deras.

“Kita berharap Bupati Labuhanbatu mengawal terus hasil survei. Sebagai pimpinan partai kita juga akan melaporkan baik surat atau lisan agar hajat hidup orang banyak dapat terpenuhi,” terang Yusuf. (Sofyan)

IKLAN