Dinkes Taput Kampanyekan Pemberian Tablet Tambah Darah

Pemberian Tablet Tambah Darah yang dilakukan Dinas Kesehatan Taput.

Taput, Lintangnews.com | Bersama dengan Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan, Kadis Kesehatan, Alexander Gultom dan beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait melaksanakan kampanye pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) pada remaja putri dan ibu hamil di Simpang Empat Tugu Lonceng Tarutung, Selasa (16/11/2021).

Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Taput itu diikuti 20 orang ibu hamil, 20 orang wanita usia subur dari Akademi Keperawatan (Akper) dan 20 orang remaja putri pelajar SMP dan SMA di Tarutung.

Nikson mengatakan, Pemkab Taput berupaya menargetkan angka stunting nasional bisa turun sampai 14 persen pada tahun 2024.

Menurutnya, upaya pemberian TTD ke sekolah-sekolah khusus untuk remaja putri dan pasangan usia subur, dilakukan untuk meminimalisasi wanita usia muda mengalami anemia.

“Sebab nantinya dikhawatirkan berpotensi melahirkan bayi dengan tubuh pendek (stunting), prematur dan berat badan lahir berkurang serta rendah,” ujarnya.

Lanjut Nikson, untyuk melahirkan generasi-generasi yang tangguh di Taput harus dimulai sejak dini, sehingga perlu membuat intervensi, agar jangan sampai terlambat perlu diantisipasi peningkatan angka stunting.

“Saya juga berharap untuk tahun depan, Taput  harus bisa keluar dari zona stunting. Dan menjadikan Kabupaten yang hebat untuk memaksimalkan penanganan stunting,” tandasnya. (Pembela)