Dishub Sumut akan Ramp Check Angkutan di Tobasa Jelang Lebaran

Kepala Bidang Prasarana dan Keselamatan Dishub Tobasa, Donald Simanjuntak.

Tobasa, Lintangnews.com | Inspeksi Keselamatan (Ramp Check) tentang kelaikan armada angkutan penumpang di wilayah lintasan Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) akan dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) setempat.

Ini sesuai dengan hasil yang diberikan oleh Dishub Provinsi Sumatera Utara pada Dishub Tobasa.

Hal ini dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Prasarana dan Keselamatan Dishub Tobada, Donald Simanjuntak, Selasa (23/4/2019).

Menurutnya, ini sehubungan Tobasa merupakan daerah lintasan Kota Medan menuju Kabupaten Tapanuli Utara (Tapteng), Humbang Hasundutan (Humbahas), Tapanuli Tengah (Tapteng) dan Kota Sibolga.

“Ini sesuai hasil rapat yang diadakan di Dishub Sumut. Mengingat Tobasa tidak memiliki terminal sendiri, maka inspeksi keselamatan kendaraan angkutan umum dilakukan pihak Dishub Sumut,” ucap Donald, Selasa (23/4/2019).

Menurut Donald, hasil ramp check yang dilakukan Dishub Sumut akan diberitahukan kepada pihaknya. Ini menyangkut angkutan mana saja yang sudah memenuhi kelaikan untuk berjalan, termasuk mengangkut penumpang untuk mudik Lebaran.

Donald menambahkan, untuk Kabupaten/ Kota yang sudah memiliki terminal sendiri, dapat melakukan inspeksi keselamatan tanpa harus menerima hasil dari Dishub Sumut.

Dalam kegiatan inspeksi keselamatan, dilakukan pemeriksaan atau pengujian teknis kendaraan dan administrasi pengemudi dan kendaraan. Juga memberikan pengarahan bagi pemilik dan pengemudi kendaraan terkait kelengkapan yang wajib ada di mobil angkutan.

Selanjutnya perizinan yang memadai dan harus dilengkapi, serta memasang sticker laik jalan bagi angkutan yang lulus uji dan laik jalan (beroperasi).

Rapat inspeksi keselamatan itu membuat di Dishub Sumut mengundang stake holder dan Organisasi Angkutan Darat (Organda) Provinsi Sumatera Utara. (asri)