Dispar Tobasa dan Kemenpar Gelar Sadar Wisata di Ajibata

Kepala Dinas Pariwisata, Audi Murphy Sitorus saat menyampaikan arahannya.

Tobasa, Lintangnews.com | Gerakan Sadar Wisata yang diselenggarakan Dinas Pariwisata (Dispar) Pemkab Toba Samosir (Tobasa) bersama Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI, di Desa Pardamean Sibisa, Kecamatan Ajibata, dihadiri 150 orang dari beberapa Desa, bertujuan menuju sukses pariwisata, Rabu (15/5/2019).

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar), Audi Murphy Sitorus dalam sambutannya, mengajak masyarakat di sekitaran Danau Toba, khususnya Kecamatan Ajibata untuk sapta pesona dan sadar wisata, dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat demi kelanjutan dan kemajuan kepariwisataan di Tobasa.

“Kita berharap dengan sosialisasi itu memberikan dedikasi tentang dampak yang diterima masyarakat terkait kemajuan kepariwisataan, dalam menumbuhkan ekonomi,. Ini seperti daerah lain yang sudah sukses dalam kepariwisataan,” kata Audi.

Ditambahkan Audi, melalui sosialisasi gerakan sadar wisata dan sapta pesona, akan menelurkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang benar-benar memiliki jiwa kepariwisataan.

“Disini kita harapkan agar masyarakat memiliki karakter dan mental keramahan tamahan mendukung pariwisata, untuk memajukan kawasan strategis pariwisata nasional,” sebutnya.

Dijelaskan, ada pun pembangunan di bidang pariwisata terus digalakkan oleh pemerintah dalam rangka menambah devisa negara di sektor non migas dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta ekonomi masyarakat.

Di akhir sambutannya, Audi menjelaskan, penggabungan gejala maupun hubungan yang timbul dari interaksi wisatawan bisnis, pemerintah, tuan rumah dan masyarakat dalam proses menarik dan melayani wisatawan sangat penting untuk meningkatkan sebuah obyek wisata.

Dalam acara itu turut dihadiri Ambar Rokmi selaku Kabid Pengembangan Pariwisata Kemenpar dan Direktur Industri Pariwisata Badan Otorita Danau Toba (BODT), Romi Fauzi. (asri)