Disparbud Tobasa Gelar Sosialisasi dan Kukuhkan Pokdarwis

Kadisparbud Pemkab Tobasa, Murphy Sitorus saat menyampaikan kata sambutan.

Tobasa, Lintangnews.com | Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Pemkab Toba Samosir (Tobasa), Murphy Sitorus berharap, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dapat meningkatkan kunjungan wisata di daerah itu menuju tujuan wisata kelas wahid Monaco of Asia, Selasa (11/12/2018).

Sosialisasi dan pengukuhan Pokdarwis itu menurut Murphy, untuk meningkatkan kepariwisataan, sehingga diperlukan peran dan dukungan dari berbagai pihak seperti, pemerintah, pihak swasta dan masyarakat sebagai tuan rumah.

Menurutnya, peran dari Pokdarwis berfungsi untuk menciptakan suasana kondusif di destinasi wisata, sehingga nyaman dikunjungi wisatawan. Di mana poin-poin mewujudkan sadar wisata melalui sapta pesona yang aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan.

“Dengan sosialisasi dan pengukuhan Pokdarwis seluruh Kecamatan di Tobasa ini semakin menyadarkan masyarakat untuk turut serta meningkatkan kepariwisataan diTobasa,” jelas Murphy.

Dia juga menuturkan, nantinya para peserta yang akan dikukuhkan diharapkan dapat mempergunakan momentum ini, untuk meningkatkan kemampuan dalam melayani wisatawan, sehingga lokasi wisata ramai dikunjungi.

“Sadar wisata akan meningkatkan kualitas objek wisata, dengan sendirinya akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Sehingga otomatis meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya pelaku wisata dan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tobasa demi mewujudkan wisata kelas wahid Monaco of Asia,  pungkas Murphy. (asri)